Wapres: Kereta Cepat Bakal Jadi Pesaing Bagi Industri Penerbangan

Jum'at, 13 September 2019 - 15:01 WIB
Wapres: Kereta Cepat Bakal Jadi Pesaing Bagi Industri Penerbangan
Wapres: Kereta Cepat Bakal Jadi Pesaing Bagi Industri Penerbangan
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menegaskan, kereta cepat akan mengungguli transportasi lainnya. Salah satunya adalah Kereta semicepat Jakarta-Surabaya yang bakal jadi pesaing maskapai penerbangan.

"Keberadaan kereta tersebut bakal mengubah peta persaingan industri transportasi. Persaingan itu ada 3 kalau kita bicara di dalam negara, apabila kita bisa memproduksi sesuatu lebih baik, bisa memproduksi lebih murah, dan bisa memproduksi lebih cepat," ujar JK di Senayan JCC, Jakarta, Jumat (13/9/2019)

Dia menambahkan industri penerbangan tidak hanya bersaing dengan usaha yang sama-sama bergerak dalam satu sektor. JK pun meminta agar perusahaan transportasi membenahi pelayanan agar meningkaykan persaiangan bisnis

"Juga akan bersaing dengan jalan tol. Jalan tol bagus untuk mobil kalau muatan penyimpang minimal 4 orang. Tapi ketika hanya 1 orang dia enggak salah naik kereta api. Semua akan jadi pilihan pilihan yang menarik apabila kita mempunyai sistem dan sarana yang baik," pungkasnya.

Dia pun akan mendorong pembangunan kereta semicepat Jakarta-Surabaya segera direalisasikan. Apalagi, transportasi darat juga mulai unjuk gigi dengan adanya Tol Trans Jawa.

"Karena memang sekarang sudah ada jalan tol lebih cepat. Nanti pada akhirnya akan terjadi persaingan antara kereta api dan pesawat udara. Karena kalau Surabaya-Jakarta sudah 5 jam nanti 3-4 tahun ke depan, akan sama waktu yang dipakai untuk naik pesawat terbang," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4576 seconds (0.1#10.140)