Penuruan Suku Bunga Acuan Masih Terbuka Saat Inflasi Terjaga

Rabu, 18 September 2019 - 23:01 WIB
Penuruan Suku Bunga Acuan Masih Terbuka Saat Inflasi Terjaga
Penuruan Suku Bunga Acuan Masih Terbuka Saat Inflasi Terjaga
A A A
JAKARTA - Penurunan suku bunga acuan alias BI 7-Day Repo Rate (BI7DRR) masih terbuka seiring dengan faktor inflasi yang masih tetap terjaga dan rendah.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan kembali memangkas suku bunga acuan BI7RR pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI bulan ini mempertimbangkan kestabilan harga-harga barang dan jasa yang tercermin dari perkembangan laju inflasi serta perkembangan nilai tukar rupiah.

"Laju inflasi cenderung stabil di tengah ekspektasi inflasi yang cenderung terjangkar dalam target sasaran inflasi BI di kisaran 3,5±1% hingga akhir tahun ini," ujar Josua saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Menurut dia, nilai tukar rupiah cenderung stabil dalam sebulan terakhir ini dimana volatilitas rupiah secara rata-rata menurun yang terindikasi dari one-month implied volatility yang menurun menjadi 6,4% saat dari rata-rata bulan Agustus yang tercatat sekitar 7,6%.

"Rupiah secara rata-rata menguat sekitar 1% ke level Rp14.100 per dolar AS sepanjang bulan September ini," sebutnya.

Dia menambahkan, dengan mempertimbangkan tingkat inflasi yang terkendali, stabilnya nilai tukar rupiah dan perbaikan defisit transaksi berjalan, maka ruang pelonggaran kebijakan moneter terbuka.

"Dan momentum pelonggaran kebijakan moneter dengan penurunan suku bunga acuan juga di saat bersamaan dapat mempertahankan momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah tren perlambatan ekonomi global dan bahkan potensi resesi dari beberapa negara maju dan berkembang," jelasnya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2147 seconds (0.1#10.140)