iCar Asia Akuisi Carmudi Indonesia Senilai USD3 Juta

Jum'at, 20 September 2019 - 01:40 WIB
iCar Asia Akuisi Carmudi Indonesia Senilai USD3 Juta
iCar Asia Akuisi Carmudi Indonesia Senilai USD3 Juta
A A A
JAKARTA - iCar Asia Limited (iCar Asia) mengumumkan telah menandatangani perjanjian yang mengikat untuk mengakuisisi Carmudi Indonesia.

Nilai akuisisi mencapai USD3 juta dan akan dibayar dari cadangan tunai perusahaan dalam dua pembayaran.

Pembayaran pertama sebesar USD2 juta dilakukan pada 15 Oktober 2019 dan pembayaran kedua senilai USD1 juta dilakukan pada 15 Oktober 2020.

"Akuisisi ini semakin memperkuat posisi kami di pasar Indonesia," kata CEO iCar Asia, Hamish Stone dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/9/2019).

Carmudi Indonesia memiliki bisnis Advertising dan bisnis Lead Generation (menghasilkan calon pembeli potensial) yang melayani perusahaan manufaktur kendaraan terkemuka di Indonesia, dengan websitenya yang memiliki 2 juta pengunjung per bulan.

Saat ini, iCar Asia memiliki hampir 6 juta pengunjung per bulan dan ada sedikit irisan audiensi yaitu sekitar 20% menurut Similar Web. Dengan gabungan audiensi dan bisnis mobil baru yang dimiliki iCar Asia saat ini, akuisisi ini diharapkan menciptakan platform advertising yang lebih kuat bagi industri otomotif di Indonesia.

Carmudi saat ini mengoperasikan lima pusat penjualan mobil offline yang disebut Carcentro. Ini adalah platform transaksi untuk dealer mobil bekas dan perusahaan pembiayaan kendaraan terkemuka, yang menghasilkan pendapatan berupa komisi. Kelima Carcentro beroperasi di Kota Semarang, Solo, Yogyakarta dan Surabaya.

Kombinasi bisnis di Indonesia ini diharapkan akan mendapatkan lebih dari dua kali revenue iCar Asia di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan yang meningkat.

"Melalui sinergi ini, kami harapkan bisnis iCar Asia di Indonesia mencapai titik impas pada tahun 2020," kata Hamish.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3526 seconds (0.1#10.140)