Pertama Kali dalam Sejarah, Harga Sebatang Emas Tembus 1 Juta Dolar AS

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 13:19 WIB
loading...
Pertama Kali dalam Sejarah,...
Harga sebatang emas bernilai USD1 juta untuk pertama kalinya dalam sejarah. FOTO/iStock Photo
A A A
JAKARTA - Harga sebatang emas bernilai USD1 juta untuk pertama kalinya berkat melonjaknya harga logam mulia. Berdasarkan laporan Bloomberg, harga emas batangan di pasar spot lebih dari USD2.500 per troy ons mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah pada Jumat (24/8/2024). Rata-rata emas batangan memiliki berat 400 troy ons

Harga emas spot telah melonjak lebih dari 20% dari tahun ke tahun. Harga emas yang lebih tinggi dapat menjadi pertanda bahwa para investor berharap Federal Reserve akan segera memangkas suku bunga acuannya. Bank-bank sentral yang dipimpin China juga membeli emas untuk mengurangi ketergantungan pada Dolar AS.



Melansir CNN Internasional, bank-bank sentral dan para investor melihat logam mulia sebagai penyimpan nilai jangka panjang yang dapat diandalkan selama periode gejolak ekonomi. Hal itu dikarenakan ketika suku bunga turun harga emas cenderung naik, karena emas batangan menjadi lebih menarik daripada obligasi.

Investor juga menganggap emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi, bertaruh emas batangan akan mempertahankan nilainya saat harga naik. Tentu saja, tidak semua emas batangan memiliki berat 400 ons.



Biro Emas Amerika Serikat mengatakan bahwa emas batangan biasanya diperdagangkan secara internasional oleh bank sentral dan dealer emas batangan bukan oleh perorangan.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)