alexametrics

Cerita Batik “10th Year Celebration of Batik as UNESCO Heritage”

loading...
Cerita Batik “10th Year Celebration of Batik as UNESCO Heritage”
Central Park dan Neo Soho Mall bersama Podomoro University, JKT Creative dan Museum Tekstil hadirkan Cerita Batik untuk meriahkan Hari Batik Nasional.
A+ A-
JAKARTA - Menyambut satu dekadenya batik setelah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO (United Nations Of Educational, Scientific, and Cultural Organization), Central Park dan Neo Soho Mall bersama dengan Podomoro University, JKT Creative dan Museum Tekstil menghadirkan serangkaian acara dengan tajuk “Cerita Batik” untuk ikut memeriahkan Hari Batik Nasional yang jatuh tepat di tanggal 2 Oktober.

“Untuk memeriahkan Hari Batik Nasional di awal bulan Oktober mendatang, Central Park dan Neo Soho Mall mendukung acara serta kegiatan mulai dari tanggal 27 September sampai dengan 6 Oktober 2019, di L3A Neo Soho Mall. Melalui kerja sama dengan berbagai pihak, Central Park dan Neo Soho Mall juga ingin mengenalkan kepada masyarakat luas teknik membuat batik selain dengan canting dan lilin. Selain itu, Podomoro University juga berkeinginan untuk mengenalkan kepada masyarakat luas teknik “batik dingin” dari Gutha Tamarind dan Museum Tekstil yang akan memberikan workshop membatik dengan memakai salah satu bahan pangan yaitu ketan.” jelas Dorothea Amanda selaku Assistant Marketing Communication Manager Central Park dan Neo Soho Mall.

Dorothea juga menjelaskan, selain pengenalan teknik-teknik batik baru, melalui program CSR Central Park dan Neo Soho Mall Share Our Heart bekerja sama dengan JKT Creative menghadirkan hanging installation batik sepanjang 20 meter yang dimana seusainya rangkaian acara dari Cerita Batik, hanging installation tersebut akan dilepas menjadi 30 potong kain batik dan dijual seharga Rp450.000,- ke para pengunjung setia Central Park dan Neo Soho Mall.



Nantinya, seluruh hasil penjualan kain batik tersebut akan digunakan untuk pemberdayaan ibu-ibu rusun Pulo Gebang dengan dibuatkan program-program pembelajaran batik baru untuk meningkatkan kemampuan dan menambah jumlah pengrajin batik di rusun Pulo Gebang.

Rangkaian acara Cerita batik akan dibuka pada tanggal 27 September 2019 dengan menyelenggarakan Opening Ceremony & Talkshow “Batik As A National Identity Of Indonesia di L3A Neo Soho Mall pukul 13,00 WIB. Pada tanggal 2 Oktober 2019 bertepatan dengan Hari Batik Nasional, Central Park, Neo Soho dan Podomoro University akan mengadakan workshop ‘batik dingin’ bersama dengan ekspatriat-ekspatriat dari Kedutaan Belanda, Austria, Perancis dan Korea.

Selanjutnya sampai dengan tanggal 6 Oktober 2019, di lokasi yang sama akan diadakan kegiatan kerja sama antara mahasiswa Studi Desain Produk Podomoro University dengan Komunitas 22 Ibu yang dimana akan membuat pameran karya seni lukisan dan workshop dengan menggunakan teknik batik dingin. Teknik batik dingin sendiri adalah teknik membatik dengan menggunakan campuran bubuk asam tamarin dan lemak nabati yang tidak dipanaskan seperti teknik canting.

Dengan diadakannya Cerita Batik kolaborasi antara Central Park dan Neo Soho dengan keempat komunitas, diharapkan para pengunjung dan para partisipan dapat semakin mencintai budaya Indonesia. Salah satunya dengan menyosialisasikan teknik baru dalam membatik ke masyarakat Indonesia dan juga ekspatriat yang tinggal di sekitar kota Jakarta serta feedback yang positif dalam pembentukan kreativitas baru dalam hal membatik kedepannya.
(alf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak