Pejabat BUMN Ketangkap KPK, Sri Mulyani: Ingat Itu Uang Rakyat

Jum'at, 04 Oktober 2019 - 15:31 WIB
Pejabat BUMN Ketangkap KPK, Sri Mulyani: Ingat Itu Uang Rakyat
Pejabat BUMN Ketangkap KPK, Sri Mulyani: Ingat Itu Uang Rakyat
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, kesal dengan banyaknya pejabat BUMN yang ketangkap KPK terkait kasus korupsi. Menurut dia, dengan semakin meningkatnya jumlah suntikan dana APBN melalui penyertaan modal negara (PMN), seharusnya juga dibarengi dengan membaiknya tata kelola keuangan BUMN.

"Bukannya makin tergoda terhadap apa yang mereka lihat sebagai suatu aset atau kekayaaan atau kekuasaan. Ingat itu bukan uang kita, itu uang rakyat," ujarnya di Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menilai perlu adanya perbaikan dan penguatan dalam tata kelola Badan Usaha Milik Negara. Pertama, mengenai penguatan pengawasan internal.

"Karena seperti yang saya lihat di Kementerian Keuangan, setiap kali ada suatu kejadian, itu pertanyaan pertama kenapa di dalam sistemnya tidak bisa dideteksi," terangnya.

Dengan adanya perbaikan pengawasan internal tersebut, wanita yang akrab disapa Ani itu berharap dapat meningkatkan kepatuhan terhadap setiap pegawai kementerian dan lembaga negara.

Selain itu, peranan seorang pengawas internal dalam Inspektorat Jenderal, dinilai perlu diperkuat. Baca Juga: Direksi BUMN Terciduk KPK, Sri Mulyani: Ini Pengkhianatan

Dengan beberapa perbaikan tersebut, Sri Mulyani berharap tindak korupsi ini tidak menjadi suatu hal yang biasa di kalangan pejabat BUMN. Sehingga tidak memberikan citra buruk terhadap BUMN.

"Mereka merasa apa yang mereka lakukan dengan baik mudah sekali hancur reputasinya hanya karena banyak kejadian (korupsi) di antara BUMN. Sehingga semua orang menganggap semuanya buruk," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4031 seconds (0.1#10.140)