Gubernur BI: Kepanikan Pasar Keuangan Global Mulai Berkurang

Selasa, 14 April 2020 - 21:59 WIB
loading...
Gubernur BI: Kepanikan Pasar Keuangan Global Mulai Berkurang
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyakini kepanikan di pasar keuangan global berangsur menurun yang sempat membuat pelaku pasar diserang kepanikan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyakini kepanikan di pasar keuangan global berangsur menurun yang sempat membuat pelaku pasar diserang kepanikan. Lebih lanjut Ia menerangkan, bahwa risiko resesi ekonomi dunia diperkirakan terjadi pada kuartal II dan III 2020.

"Kepanikan pasar keuangan dunia (terjadi) pada Maret 2020, mulai berkurang pada April 2020 didukung sentimen positif pelaku pasar atas berbagai respons kebijakan yang ditempuh di berbagai negara," ujar Perry di Jakarta, Selasa (14/4/2020).

Dia melanjutkan risiko pasar keuangan dunia mulai berkurang tercermin dari penurunan Volatility Index (VIx) dari 85,4 pada 18 Maret 2020 menjadi 41,2 pada 14 April 2020. Menurutnya keadaan bakal membaik pada kuartal IV atau di akhir tahun.

"Di 2021 pertumbuhan ekonomi dunia akan meningkat tinggi didorong kebijakan-kebijakan ditempuh di banyak negara selain faktor stabilistic base effect," ujarnya.

Sambung Perry menambahkan, BI akan terus mencermati dinamika perekonomian dan pasar keuangan global serta penyebaran COVID-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

"Bauran kebijakan Bank Indonesia tersebut merupakan bagian dari sinergi kebijakan yang terkoordinasi sangat erat dengan Pemerintah maupun melalui Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) serta otoritas terkait untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," bebernya.
(ant)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)