PetroChina Luncurkan Cafe Literasi Dorong Pendidikan Inklusif

Selasa, 03 September 2024 - 16:33 WIB
loading...
PetroChina Luncurkan...
Cafe Literasi yang didirikan PetroChina International Jabung di Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - PetroChina International Jabung Ltd (PCJL) mendorong pendidikan yang inklusif dan mudah dijangkau dengan mendekatkan aksebilitas ke masyarakat. Melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM), Petrochina meluncurkan Cafe Literasi dan Festival Literasi bagi masyarakat Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi.

Cafe Literasi ini dirancang sebagai pusat kegiatan literasi dan pembelajaran bagi masyarakat setempat. Dengan fasilitas terkini dan suasana yang nyaman, cafe ini diharap dapat menjadi wadah bagi pengembangan minat baca, diskusi, serta kegiatan edukasi lainnya. Bangunan Cafe Literasi yang bersebelahan dengan Perpustakaan Cendikia ini menyediakan koleksi buku beragam dan akses internet gratis. Keberadaan cafe ini diharapkan menjadi destinasi baru bagi masyarakat yang ingin meningkatkan wawasan dan keterampilan literasinya.



"Melalui PPM di bidang pendidikan ini, PetroChina mendorong gerakan literasi di tengah masyarakat," ungkap Field Admin Superintendent PetroChina Sugiarto, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/9/2024).

Camat Geragai Eduard Aidi berharap masyarakat dapat memanfaatkan bantuan ini, khususnya UMKM, untuk mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Geragai. "Para pemuda saya minta untuk saling membimbing dan belajar di Cafe Literasi ini. InsyaAllah di masa mendatang, perekonomian di Geragai ini akan meningkat, sehingga masyarakat sejahtera," tuturnya.



Smentara, Kepala SMA Negeri 10 Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Yulia Ade Permana Wati mengatakan bahwa kehadiran Cafe Literasi memberikan ruang untuk masyarakat, terutama para pelajar untuk menambah wawasan dan memperkaya literasi dengan suasana yang santai dan nyaman. "Semoga semakin menambah wawasan bagi pengunjung serta menyenangkan bagi anak-anak sekolah," ujarnya.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi Adi Budiwiyanto mengatakan, pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap upaya pengembangan literasi ini. "Kami melihat bahwa upaya ini sangat penting untuk memperkuat kualitas dan ekosistem literasi di daerah ini. Kami siap untuk berkolaborasi dan mendukung berbagai kegiatan literasi yang dilaksanakan PetroChina di Cafe Literasi ini," tegasnya.

Sementara itu, Forum Penggiat Literasi Jambi berharap rangkaian dari kegiatan Festival Literasi Geragai ini bermanfaat bagi masyarakat secara umum. "Terima kasih kepada SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini," tutup Ketua Forum Penggiat Literasi Jambi Fajrin Nurpasca.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)