Perang Dagang Jilid II AS vs China Memanas, Siapa yang Menang?

Rabu, 04 September 2024 - 18:08 WIB
loading...
Perang Dagang Jilid...
Amerika Serikat (AS) menabuh genderang perang dagang jilid II dengan China. FOTO/iStock Photo
A A A
JAKARTA - "Perang dagang itu bagus dan mudah untuk dimenangkan," cuit Donald Trump pada Maret 2018 ketika ia masih menjabat sebagai presiden AS, hanya beberapa bulan sebelum memulai dengan sungguh-sungguh salah satu konflik perdagangan terbesar dalam sejarah modern.

Kampanye saling balas tarif antara Washington dan Beijing hampir tidak membuktikan bahwa Trump benar. Melansir dari Reuters, pada Juni, China mencatatkan rekor surplus perdagangan bulanan dengan Amerika Serikat sebesar USD99 miliar.

Namun, calon dari Partai Republik untuk pemilihan presiden pada November mendatang ini telah mengancam akan menaikkan tarif ekspor China dari 10% menjadi 60% secara keseluruhan jika ia menang. Trump yang bersaing ketat dengan saingannya dari Partai Demokrat, Kamala Harris, di negara-negara bagian penting, Beijing menghadapi kemungkinan yang sangat nyata untuk terjadinya Perang Dagang II.

Jika perang dagang pertama bisa menjadi panduan, para pemimpin China mungkin tidak bisa menghentikan Trump untuk memberlakukan tarif. Dia tetap tidak senang dengan defisit perdagangan negaranya sebesar USD280 miliar dengan China pada 2023.

Namun, para pejabat dapat menggunakan beberapa taktik yang telah mereka pelajari dalam enam tahun terakhir untuk menumpulkan dampak serangan baru terhadap ekspor tahunan senilai sekitar USD500 miliar, dan memperlambat pemisahan ekonomi yang telah berakar selama masa jabatan pertama Trump.

Pelajaran Mahal

Pada perang dagang pertama, jangkauan dan negosiasi membantu menunda penerapan beberapa tarif paling tinggi yang diancamkan oleh Gedung Putih. Beijing membiarkan renminbi melemah terhadap dolar sehingga mengurangi pukulan bagi eksportir China sejak awal mengubah rute pengiriman elektronik dan tekstil ke Amerika Serikat melalui negara lain seperti Vietnam dan Meksiko membantu beberapa negara untuk menghindari tarif baru hingga 25%.

Namun, butuh selusin putaran pembicaraan yang aneh selama sekitar satu setengah tahun, di mana Washington mencap China sebagai manipulator mata uang, kemudian menarik kembali label tersebut sebelum kedua belah pihak menyetujui apa yang disebut sebagai kesepakatan "Fase Satu" pada Januari 2020 yang mengakhiri kenaikan tarif yang saling berbalas.

Baca Juga: Turun dari Kapal Perang, 2 Tentara AS Diamuk Massa di Turki

Mungkin pelajaran terbesar dari perang dagang China-Amerika yang pertama adalah bahwa begitu tarif diterapkan, tarif tersebut tidak akan dihapus. Gencatan senjata ini menghentikan kenaikan lebih lanjut, tetapi tidak memberikan jalan yang jelas menuju penghapusan tarif yang diberlakukan oleh Amerika Serikat meskipun Presiden Xi Jinping telah berkomitmen untuk membeli barang dan jasa Amerika senilai USD200 miliar, termasuk produk pertanian dan energi, selama dua tahun ke depan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)