Jokowi : Jangan Ragukan Komitmen Indonesia Mencapai Net Zero Emission

Kamis, 05 September 2024 - 11:26 WIB
loading...
Jokowi : Jangan Ragukan...
Indonesia memiliki potensi Energi Hijau yang melimpah, bahkan mencapai 3.600 Giga Watt (GW). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan jangan pernah meragukan komitmen Indonesia untuk mencapai target net zero emission (NZE). Apalagi Indonesia memiliki potensi Energi Hijau yang melimpah, bahkan mencapai 3.600 Giga Watt (GW).

"Jangan meragukan komitmen Indonesia dalam mencapai Net Zero Emission dan berkontribusi bagi dunia yang lebih baik," jelasnya dalam Indonesia International Sustainability Forum (ISF) di JCC, Jakarta, Kamis (5/9/2024).



Dikatakan Jokowi, Indonesia juga memiliki pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung di Waduk Cirata, Purwakarta, Jawa Barat. Apalagi, PLTS Terapung ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

"Kami juga memiliki PLTS apung di Waduk Cirata dengan kapasitas 192 MWp (megawatt peak), terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia," ungkapnya.

Jokowi menuturkan, Indonesia juga memiliki potensi besar dalam penyerapan karbon.

"Hutan mangrove kami, yang merupakan terbesar di dunia, seluas 3,3 juta hektar yang mampu menyerap karbon 8-12 kali lebih baik dibandingkan hutan hujan tropis. Ini banyak orang tidak tahu," terangnya.



Lebih lanjut, Jokowi juga menyebutkan bahwa Indonesia memiliki kawasan industri hijau seluas 13.000 ha. Ini juga menjadi salah satu terbesar di dunia.

"Tapi semua itu tidak akan memberi dampak signifikan percepatan dampak penanganan perubahan iklim selama negara maju tidak berani berinvestasi. Selama riset dan teknologi tidak dibuka luas, dan selama pendanaan tidak diberikan dalam skema yang meringankan negara berkembang," tutup Jokowi.
(fch)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)