Wujudkan Green Airport, InJourney Airports Gelar Pameran Instalasi Bumi Masa Depan Kita

Kamis, 12 September 2024 - 11:58 WIB
loading...
Wujudkan Green Airport,...
InJourney Airports mengkampanyekan isu lingkungan Melayani Bumi Sepenuh Hati melalui pameran instalasi seni. (dok.foto iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan).
A A A
JAKARTA - InJourney Airports, yang merupakan anak perusahaan dari Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, menerapkan konsep Green Airport. Salah satunya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. InJourney berkomitmen menekan emisi karbon di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, yang masuk dalam bandar udara tersibuk di ASEAN.

Sebagai upaya mewujudkan Green Airport dan memperingati Hari Ozon Internasional pada 16 September, InJourney Airports mengkampanyekan isu lingkungan “Melayani Bumi Sepenuh Hati”. Kampanye ini dilakukan melalui pameran instalasi seni dengan tema 'Bumi Masa Depan Kita' di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu, (11/9/2024).

“Kegiatan ini menunjukkan komitmen menuju bandara yang berkelanjutan, dan bertepatan dengan Hari Ozon Internasional pada 16 September 2024 mendatang. Event ini dilengkapi dengan Green Talk dari beberapa narasumber. InJourney percaya menghijaukan bumi akan menjaga keberlangsungan masa depan. Meminimalisir penggunaan plastik, mengurangi emisi,” tutur Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi.

Hadir pada kesempatan itu, Direktur SDM dan Digital InJourney Herdy Harman, Direktur Komersial InJourney Airports Rizal Pahlevi, Direktur Kreatif dan Desainer Komunikasi Visual Felix Tjahyadi, founder brand fashion ramah lingkungan, Sejauh Mata Memandang Chitra Subyakto, dan Forest Conservationist Farwiza Farhan.

Berlangsungnya acara ini semakin menegaskan bahwa InJourney Airport sangat berkomitmen pada isu-isu lingkungan. Perusahaan yang mengelola 37 bandar udara di Indonesia, akan berkontribusi untuk pelestarian Hutan Leuser, dengan melakukan penanaman bibit pohon untuk lima hektare area.
Wujudkan Green Airport, InJourney Airports Gelar Pameran Instalasi Bumi Masa Depan Kita

Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi. dok.foto iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan).

Masyarakat, khususnya, para pengguna jasa transportasi udara Soekarno-Hatta pun dapat ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan, dengan membeli sejumlah produk upcycling dengan label Sejauh Mata Memandang karya Chitra Subyakto di area pameran instalasi. Produk upcycling tersebut di antaranya tas belanja, aksesori, pakaian, dan, topi.

Setiap produk yang dibeli akan dikonversi ke dalam bentuk bibit pohon yang akan ditanam di Hutan Leuser. “Komitmen InJourney Airports terhadap pengelolaan bandara yang sustainable, terus kami wujudkan dengan berbagai program nyata. Berbagai inisiasi telah dirancang dan diterapkan untuk mewujudkan bandara yang lebih hijau dan ramah lingkungan,” ujar Faik.

Ia menambahkan, sebagai upaya untuk mengurangi emisi karbon pada kegiatan operasional bandara, membutuhkan strategi ekstra. Karena itu, InJourney Airports telah menyusun strategi jangka panjang guna mewujudkan cita-cita mewujudkan bandara yang hijau.

Program Inisiasi Green Airports
Pengguna transportasi udara Bandara Soekarno-Hatta, khususnya di Terminal 3, bisa menyaksikan instalasi berbentuk bumi dari bahan upcycling karya Direktur Kreatif dan Desainer Komunikasi Visual Felix Tjahyadi. Instalasi berbentuk bumi tersebut menjadi spot foto instagramable bagi para pengunjung dan penumpang.
Wujudkan Green Airport, InJourney Airports Gelar Pameran Instalasi Bumi Masa Depan Kita

Pengguna transportasi udara Bandara Soekarno-Hatta antusias membeli produk upcycling di Terminal 3 (dok.foto iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan).

Direktur SDM dan Digital InJourney Herdy Harman menjelaskan beberapa program inisiasi untuk mewujudkan bandara yang hijau dengan menyusun roadmap Energi Baru dan Terbarukan sampai dengan 2027. Transisi energi dengan pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), pengelolaan limbah sampah dengan sewage treatment plant, yang dapat digunakan untuk penghijauan dan penyiraman tanaman dengan kapasitas 8.000 m3.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)