Pertamina Ungkap Rencana Bakal Akuisisi TPPI

Rabu, 06 November 2019 - 22:32 WIB
Pertamina Ungkap Rencana Bakal Akuisisi TPPI
Pertamina Ungkap Rencana Bakal Akuisisi TPPI
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berencana menambah kepemilikan saham di PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) yang merupakan anak usaha PT Tuban Petrochemical Industries (TPI) atau Tuban Petro. Sebelumnya muncul wacana menjadikan TPPI sebagai perusahaan negara oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman.

Corporate Secretary Pertamina Tajudin Noor mengatakan pertamina belum mengajukan pilihan untuk menambah kepemilikan saham. "Ini memang masih dalam kajian akan meningkatkan share kita di sana, karena memang yang punya kompetensi Pertamina," ujar Tajudin di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Dia pun melanjutkan ada beberapa perusahaan yang ingin pemegang saham TPPI, di antaranya Tuban Petro. Pasalnya Tuban Petro sendiri telah dikuasai pemerintah.

"Sementara Pertamina memegang saham sekitar 48% di TPPI.Kita mau masuk lebih jauh tapi lewat TPI-nya, cuma beberapa skenario ini masih dalam pembahasan departemen keuangan selaku pemegang saham, sama BUMN juga, tapi sudah menjadi perhatian pemerintah juga supaya bisa," katanya.

Sambung dia enggan membeberkan mengenai dana untuk pelepasan saham ini. "Ada beberapa skema ini masih dalam pembicaraan semua, tapi kita harapkan di akhir tahun ini, mudah-mudahan sudah ketemu skema terbaiknya karena ini kan bicara pemerintah dan Pertamina juga," jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7893 seconds (0.1#10.140)