Indonesia Punya Peran Penting Jamin Pasokan Nikel Dunia

Jum'at, 20 September 2024 - 14:14 WIB
loading...
Indonesia Punya Peran...
Indonesia dinilai punya peran penting dalam menjamin ketersediaan pasokan nikel di pasar global. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Indonesia dinilai memiliki peran sentral dalam menjamin ketersediaan pasokan nikel dunia, yang menjadi kunci untuk merealisasikan masa depan kendaraan listrik dan mendukung transisi energi yang sejalan dengan komitmen pemerintah. Hal itu diungkapkan Presiden Direktur Eramet Indonesia Jerome Baudelet dalam forum International Critical Minerals and Metals Summit 2024.

"Ada landasan yang kuat untuk membangun seluruh rantai pasokan baterai di sini. Kami yakin akan hal ini karena menurut kami produksi nikel Indonesia adalah yang paling kompetitif," ujar Jerome dalam keterangannya kepada media, Jumat (20/9/2024).



Jerome menjelaskan, dalam lanskap industri mineral global yang terus berubah, surplus pasokan nikel terus mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari persediaan LME (London Metal Exchange) yang meningkat dari 50.000 ton menjadi 120.000 ton sejak awal tahun 2024. "Pergeseran surplus tersebut terjadi dari nikel kelas II (nickel-pig iron) menjadi kelas I (nickel metal)," ujarnya.

Jerome juga menyinggung masuknya investasi China yang dinilai telah menjadi katalisator utama dalam mentransformasi industri nikel di Indonesia. "Meski demikian, hal ini dapat juga memunculkan kekhawatiran terjadinya potensi ketergantungan ekonomi pada negara tersebut," imbuhnya.

Terkait kesadaran penggunaan energi bersih, Jerome melihat tren tersebut semakin hari terus meningkat kesadarannya. Meski saat ini, ia mengatakan pasar masih belum sepenuhnya siap membayar lebih tinggi untuk produksi nikel rendah karbon. "Tapi kami melihat adanya tren positif. Minat terhadap praktik pertambangan yang berkelanjutan semakin meningkat, termasuk industri nikel," tuturnya.



Mengenai lanskap geopolitik, termasuk perang Ukraina dan Rusia, Jerome mengatakan kondisi tersebut memberikan dampak signifikan terhadap stabilitas pasokan nikel. Namun, dia mengatakan bahwa Eramet tetap optimis dengan prospek permintaan nikel jangka panjang, yang didorong oleh pertumbuhan pasar kendaraan listrik dan pertumbuhan stabil untuk pasar stainless steel.

"Di Eramet, prioritas kami ada pada pengolahan sumber daya mineral yang bertanggung jawab, sembari menjalin kemitraan yang kuat dengan pemerintah dan mitra industri lainnya. Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang Indonesia dengan mengembangkan ekosistem pertambangan yang berkelanjutan," kata Jerome.

Diamenambahkan, sebagai pemasok utama nikel, Indonesia perlu menyesuaikan diri dengan regulasi internasional seperti Inflation Reduction Act (IRA) untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dari pasar di negara-negara Barat. "Selain itu, mengembangkan produk nikel yang kompetitif dan menerapkan praktik-praktik ESG yang kuat akan menjadi kunci untuk menarik investasi asing dan mitra global," ujarnya.

Demi memastikan produksi nikel yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, lanjut dia, Eramet dan beberapa perusahaan tambang di Indonesia telah mengadopsi standar IRMA yang sangat ketat. Sebagai sebuah inisiatif multi-pemangku kepentingan yang melibatkan lebih dari 100 entitas, IRMA telah menjadi tolok ukur global untuk praktik pertambangan yang berkelanjutan.

"Dengan mengadopsi standar IRMA, kami tidak hanya akan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melacak asal usul nikel mereka, tetapi juga membuka peluang bagi produsen Indonesia untuk menempatkan posisi yang strategis di pasar nikel," tegas Jerome.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0994 seconds (0.1#10.140)