Wall Street Naik Tipis di Tengah Ekspektasi Pemangkasan Suku Bunga The Fed

Sabtu, 21 September 2024 - 08:00 WIB
loading...
Wall Street Naik Tipis...
Wall Street ditutup naik tipis dengan indeks Dow Jones menuju rekor tertinggi baru pada perdagangan Jumat (20/9). FOTO/Ilustrasi/Dok.
A A A
JAKARTA - Wall Street ditutup naik tipis dengan indeks Dow Jones menuju rekor tertinggi baru pada perdagangan Jumat (20/9) waktu setempat. Hal ini karena investor mempertimbangkan ekspektasi pemangkasan suku bunga Federal Reserve lebih lanjut menyusul pemangkasan besar-besaran bank sentral awal minggu ini.

Mengutip Investing, Dow Jones Industrial Average naik 38 poin, atau 0,1 persen ke rekor penutupan 42.063,36, S&P 500 turun 0,2% dan NASDAQ Composite turun 0,4%. Saham terdongkrak akhir minggu ini setelah Federal Reserve memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin.



"Secara historis, saham berkinerja baik pada periode ketika Fed memangkas suku bunga sementara ekonomi AS masih tumbuh. Pasar kini tampaknya mengharapkan hasil ini," kata analis di UBS, dalam sebuah catatan.

"Ini menandai perubahan haluan dari kekhawatiran di awal Agustus, ketika data pekerjaan AS yang lemah memicu kekhawatiran bahwa Fed telah menunggu terlalu lama sebelum memangkas suku bunga," imbuhnya.



Pembicaraan The Fed kembali menjadi sorotan setelah pemangkasan suku bunga jumbo atau periode "black out", dengan pidato dari Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker dan Gubernur Fed Michelle Bowman menjadi fokus.

Gubernur The Fed Michelle Bowman mengatakan pada hari Jumat (20/9) bahwa dia memberikan suara menentang keputusan bank sentral untuk memulai siklus pemangkasan suku bunga dengan pemangkasan jumbo untuk menghindari memicu ekspektasi bahwa Fed telah memenangkan pertempurannya melawan inflasi.

Bowman adalah satu-satunya anggota Fed yang memberikan suara menentang pemangkasan 50 basis poin Fed pada bulan September dan mendukung pemangkasan yang lebih rendah sebesar 25 bps.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)