5 UMKM Binaan BSI Go Global Coba Tembus Pasar Arab Saudi

Jum'at, 27 September 2024 - 12:43 WIB
loading...
5 UMKM Binaan BSI Go...
UMKM binaan BSI berpartisipasi dalam Festival Amazing Indonesia 2024 yang digelar di Jeddah, Arab Saudi, untuk menembus pasar Internasional. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk ( BSI ) mengirim lima UMKM binaannya untuk berpartisipasi dalam Festival Amazing Indonesia 2024 yang digelar di Jeddah, Arab Saudi, pada 26-28 September 2024. Langkah ini mendukung perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia agar mampu bersaing di pasar global.



Kelima UMKM tersebut adalah Mocafine (produk sehat gluten free), Ulunowih Gayo Coffee (kopi specialty asal Aceh), Sweet Sundae (produsen es krim asal Yogyakarta), Inabee Mukena (produsen mukena premium), dan NRA (usaha travel umrah dan haji).

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi menjelaskan, UMKM binaan ini telah melalui proses kurasi yang ketat. Penilaian dilakukan berdasarkan keunikan produk, standar kualitas internasional, kapabilitas produksi, serta kesesuaian dengan pasar global, khususnya di Timur Tengah.

“Diharapkan kelima UMKM ini bisa menjadi inspirasi bagi UMKM binaan BSI lainnya untuk terus berkembang dan go global . Kami terus mendorong UMKM agar bisa bersaing di pasar internasional, khususnya di Timur Tengah, seperti UEA dan Arab Saudi,” kata Hery.



BSI terus mendorong peningkatan kualitas UMKM di berbagai aspek, mulai dari prospek usaha, kualitas produk, pemasaran, hingga akses ke permodalan dan pasar global. Pembiayaan UMKM BSI mengalami tren positif, dengan nilai mencapai Rp46,259 triliun hingga Agustus 2024, meningkat 24,7% dari tahun sebelumnya. Saat ini, lebih dari 42.000 UMKM telah menjadi nasabah BSI.

Selain itu, BSI juga aktif membuka peluang bagi UMKM untuk memasuki pasar global melalui kegiatan business matching dan berbagai event expo. Festival Amazing Indonesia 2024 menjadi salah satu upaya BSI untuk memperkenalkan UMKM Indonesia ke pasar internasional.

BSI juga mendukung pengembangan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan di BSI UMKM Center yang tersebar di Aceh, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Program Talenta Wirausaha BSI dan Aceh Muslimpreneur yang digelar setiap tahun turut menjadi ajang pencarian UMKM potensial yang dapat bergabung dalam binaan BSI.

“Kami berharap strategi-strategi ini dapat membuat UMKM Indonesia semakin kompetitif di tingkat nasional dan internasional,” tutup Hery.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)