Peran Agen Properti Tak Tergantikan, Teknologi Digital Jadi Marketing Tools Pemasaran

Kamis, 10 Oktober 2024 - 08:10 WIB
loading...
Peran Agen Properti...
Presiden Direktur ERA Indonesia Darmadi Darmawangsa (kanan) dan CMO EleVee Condominium Alvin Andronicus di Alam Sutera, Tangerang, Rabu (9/10/2024). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TANGERANG - Salah satu penggerak industri properti di Tanah Air selain pengembang dan perbankan adalah agen properti . Mereka ini sangat penting, menjadi perantara antara penjual dan pembeli.

Terkait perkembangan teknologi digital tentunya memberikan kemudahan agen properti memasarkan produk. “Perkembangan teknologi justru menjadi alat bantu, bukan sebaliknya. Untuk itu agen properti harus belajar memanfaatkan terknologi digital untuk membantu pekerjaannya,” kata Presiden Direktur ERA Indonesia Darmadi Darmawangsa dalam acara EleVee Media Talk di Alam Sutera, Tangerang, Rabu (9/10/2024).

Menurutnya, teknologi digital kini menjadi marketing tools yang diandalkan karena jangkauannya tidak terbatas. Menembus waktu dan ruang.

“Saya pernah melakukannya saat memanfaatkan video 360 derajat terkait unit apartemen yang sedang dipasarkan. Terbukti dengan video tersebut konsumen berminat dan membelinya,” ujar pengamat properti ini.

Namun teknologi digital ini hanya sebatas alat bantu pemasaran . Yang terpenting adalah kemampuan personal agen properti. Tentunya konsumen ingin mendapatkan penjelasan yang sejelas-jelasnya terkait properti yang diinginkannya.

“Aktivitas seperti menjelaskan produk, membandingkan produk dan lainnya membutuhkan peran agen properti yang profesional. Hal ini tak bisa tergantikan karena menjual properti itu kompleks, agen properti itu harus bisa menjaga ego konsumen dan penjual karena keduanya memiliki kepentingan yang harus dijaga oleh agen properti,” tegasnya.

Chief Marketing Officer (CMO) EleVee Condominium Alvin Andronicus menegaskan, peran agen properti dalam pemasaran properti itu penting. Hal ini karena perkembangan yang ada cepat dan berubah-ubah dan harus direspons agat tidak ketinggalan.

“Makanya, tak bisa lagi pemasaran dilakukan seadanya hanya mengandalkan database. Di EleVee kita menyiapkan marketing tools bermacam-macam, salah satunya dalam bentuk video. Kita rutin mendistribusikan video terkait EleVee Condominium kepada agen properti,” terangnya.

Menurut Alvin, saat ini pemasaran secara digital adalah sebuah keharusan dengan syarat apa yang disampaikan ujungnya memberikan kemudahan. Namun yang harus terus ditingkatkan setiap agen properti harus memiliki profesionalitas dan kompetensi karena ini akan melahirkan kepercayaan, dari pembeli dan penjual.

Tangerang Raya Magnet Properti
Salah satu kawasan yang potensial menjadi pilihan konsumen terkait properti impiannya adalah kawasan Tangerang Raya. Kawasan ini berkembang pada awal 2000-an dan banyak pengembangan skala kota yang dimotori kawasan Alam Sutera, Gading Serpong, Lippo Karawaci hingga BSD City.

Perkembangan ini, lanjut Darmadi, karena kawasan tersebut bukan hanya karena dibentuk dan diciptakan dengan sengaja. Tetapi karena berhasil menarik minat orang untuk membeli properti dan tinggal di dalamnya.

“Penyebabnya karena kawasan skala kota ini berkembang dengan fasilitas-fasilitasnya dan juga infrastrukturnya. Perkembangan ini karena penduduknya terus bertambah sehingga diperlukan fasilitas dan infrastruktur yang mumpuni. Ini simbiosis yang positif,” tegasnya.

Sehingga perkembangan yang ada saat ini harga properti yang ada di kawasan skala kota seperti Alam Sutera harganya terus naik namun orang tetap membelinya. Hal ini terjadi karena produk yang dikembangkannya terus berinovasi, sehingga produknya tidak selalu sama dan memiliki nilai lebih.

Menurut Darmadi, produk seperti inilah yang dicari oleh konsumen karena memiliki nilai tambah. Seperti di EleVee, hunian vertikal ini memiliki fasilitas forest park seluas 4 hektare yang akan menjadi nilai plus properti ini.

Saat ini menurut Alvin, proses kontruksi dua tower EleVee Condominium akan memasuki proses topping off pada November mendatang. Kita terus kerjar progres pembangunan ini untuk membuktikan pada konsumen karena setelah topping off akan berlanjut pada proses serah terima kunci.

“EleVee itu dipasarkan saat pandemi, untuk itu kita akan wujudkan kepercayaan konsumen yang telah membeli unit di eleVee dengan progres pembangunan yang kian signifikan. Karena ada beberapa hunian vertikal, saat pandemi hingga sekarang terkendala pembangunannya,” jelasnya.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)