Alasan Mengapa Ini Saatnya Mulai Berjualan di Ecommerce

Senin, 31 Agustus 2020 - 09:00 WIB
loading...
Alasan Mengapa Ini Saatnya Mulai Berjualan di Ecommerce
Alasan Mengapa Ini Saatnya Mulai Berjualan di Ecommerce
A A A
Pandemi Covid-19 memang sudah merusak benar-benar sudah mengobrak-abrik tatanan ekonomi dunia yang sudah cukup “rapi”. Bayangkan saja, awal pandemi menyerang Indonesia, dalam waktu singkat banyak sekali karyawan yang harus dirumahkan. Bukan cuma itu, pengusaha pun sampai harus putar kepala untuk memastikan bisa mempertahankan bisnis mereka. Salah satu caranya yaitu dengan bisnis online dan memanfaatkan e-commerce.

Menurut e-commerce report dari Kredivo dan Katadata Insight Centre (KIC), mengatakan bahwa konsumen Indonesia semakin percaya dan nyaman dalam berbelanja online. Fakta yang didapat, jumlah rata-rata transaksi e-commerce per bulan dari kuartal pertama menuju kuartal terakhir pada 2019 terus meningkat. Puncak peningkatan ada di bulan Desember 2019 dengan jumlah transaksi lebih besar 22% daripada rata-rata jumlah transaksi bulanan.

Ditambah lagi, konsumen lebih yakin bertransaksi dalam nominal besar. Rata-rata nilai transaksi yang meningkat dari 2018 ke 2019 di tiga belas (13) kategori produk seperti komputer dan aksesorisnya. Ini menjadi kabar baik untuk para pebisnis yang menjual produk dengan harga tinggi, seperti gadget, elektronik, perlengkapan rumah dan lain sebagainya untuk membuat toko online di e-commerce.

Tidak hanya itu, masih banyak lagi alasan mengapa sekarang adalah waktu yang tepat untuk berjualan secara online di e-commerce. Apa saja itu? Mari simak ulasan berikut:

1. Jangkauan Pasar Lebih Luas
Ada perbedaan yang cukup signifikan antara bisnis online dan offline. Dalam jangkauan bisnis offline, tidak jarang perkembangan mentok pada area offline saja, baik dari segi marketing ataupun wilayah. Sekalinya melakukan ekspansi pasar ke daerah yang lebih luas, maka biaya dan waktu yang dibutuhkan cukup besar.

Berbeda dengan mengembangkan bisnis secara online, tiap harinya platform penjualan online dikunjungi oleh jutaan orang. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas jual-beli online terutama di Indonesia memang sangat besar. Biasanya, konsumen mengunjungi online marketplace memang memiliki motivasi untuk membeli barang tertentu.

2. Banyak Metode Pembayaran
E-commerce juga memiliki berbagai macam metode pembayaran yang memudahkan para pelanggan, mulai dari transfer bank, kartu kredit hingga kredit online yang sedang ramai beberapa tahun terakhir. Salah satu penyedia jasa kredit online yang sudah bekerja sama dengan 350+ e-commerce di Indonesia adalah Kredivo.

Kredivo sangat menguntungkan konsumen, juga para pelaku bisnis. Sebab layanan pay later dengan bunga 0% dan kredit online dengan bunga ringan, hanya 2,6% per bulan serta tenor mulai dari 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan, menjadi pilihan yang tepat para konsumen jika ingin membeli barang dengan nominal yang bisa dibilang mahal tetapi tidak mau langsung menghabiskan uang yang banyak.

Selain itu, Kredivo juga memiliki layanan pinjaman tunai. Bisa dimanfaatkan para pelaku bisnis seperti Anda untuk menjadi modal mengembangkan usaha Anda. Dengan limit hingga Rp30 juta dan proses pendaftaran yang super mudah, Anda bisa nikmati layanan ini hanya dalam genggaman tangan saja.

3. Bisa Memantau Perkembangan Bisnis
Sekarang sudah banyak e-commerce yang memiliki fitur insight. Fitur insight ini dapat memantau seberapa orang yang mengunjungi toko Anda, jumlah orang merespon produk Anda, jumlah orang yang melakukan komunikasi dengan customer service dan jumlah orang yang membeli produk Anda.

Jika Anda memanfaatkan fitur ini dengan maksimal, Anda dapat memantau perkembangan bisnis, mengevaluasi produk, strategi pemasaran, hingga mengetahui efektifitas dan kinerja pengelola online marketplace.

4. Biaya Lebih Terjangkau
Salah satu aspek yang menonjol pada bisnis e-commerce adalah harga yang lebih murah. Hal ini bisa terjadi karena bisnis e-commerce tidak membutuhkan toko fisik. Dengan kata lain, Anda tidak perlu biaya tambahan untuk membangun ataupun menyewa toko untuk mendapatkan pelanggan baru dari seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.

Agar jangkauan lebih luas, Anda bisa memanfaatkan kata kunci agar proses pencarian barang Anda bisa lebih mudah ditemukan oleh pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur iklan yang disediakan oleh e-commerce, dimana biaya ini sudah dipastikan lebih murah dibandingkan Anda harus membuka toko pada wilayah tertentu.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)