alexametrics

Gelar Taiwan Lantern Festival 2020, Pemerintah Taiwan Habiskan Rp136 Miliar

loading...
Gelar Taiwan Lantern Festival 2020, Pemerintah Taiwan Habiskan Rp136 Miliar
Taiwan Lantern Festival 2020 menghabiskan dana 300 juta dolar Taiwan atau setara Rp136 miliar. Foto/SINDOnews/Michelle Natalia
A+ A-
TAICHUNG - Mulai tanggal 8 hingga 23 Februari 2020, Taiwan kembali menyelenggarakan Taiwan Lantern Festival 2020 yang berlokasi di Taichung, Taiwan. Penyelenggaraan festival terbesar se-Asia ini merupakan kolaborasi dari pemerintah Taiwan melalui Biro Pariwisata dari Kementerian Transportasi dan Komunikasi dan pemerintah kota Taichung.

"Untuk tahun ini, estimasi dana yang digelontorkan adalah sejumlah 300 juta dolar Taiwan atau setara Rp136 miliar," ujar Direktur Jenderal Biro Pariwisata Taiwan Joy Jung Hei dalam konferensi pers di Taichung, Minggu (9/2/2020).

Ia mengatakan bahwa dana tersebut berasal dari anggaran belanja pemerintah pusat, anggaran belanja pemerintah daerah, dan juga dana donasi dari swasta.



"Festival bertemakan "Dazzling Taichung" ini merupakan kolaborasi dari pihak pemerintah dan juga swasta," ungkap Joy.

Wakil Wali Kota Taichung, Bruce Linghu, menyampaikan bahwa ikon dari festival ini adalah Tree of Light, sebuah lentera pohon yang berdiri megah di tengah lokasi Forest Park dari festival ini.

"Lentera pohon ini dibangun dari 22 kayu, melambangkan 22 kota di Taiwan. Terdapat 368 ranting yang melambangkan area pemukiman di Taiwan, dengan 2.359 daun yang melambangkan 23,59 juta jiwa penduduk Taiwan," jelas Bruce.

Tree of Light ini dimaknai sebagai the guardian of the forest atau penjaga hutan. Festival-festival di tahun-tahun sebelumnya menggunakan shio atau zodiak China sebagai pusat utama, tetapi keberadaan Tree of Light ini akan membawa warna yang berbeda untuk festival tahun ini.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak