800 Juta Pekerjaan Bakal Digantikan Robot, Pemerintah Harus Antisipasi

Rabu, 02 September 2020 - 20:10 WIB
loading...
800 Juta Pekerjaan Bakal Digantikan Robot, Pemerintah Harus Antisipasi
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ketua Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sutrisno Iwantono mengatakan bahwa pada 2030 akan ada 800 juta tenaga manusia di dunia yang digantikan dengan robot. Untuk itu, dia meminta agar pemerintah juga memikirkan hal ini, terlebih munculnya Covid-19 mempercepat datangnya teknologi masa depan. (Baca: 800 Juta Pekerja Akan Digantikan Robot di 2030 )

"Tren investasi yang terjadi pada akhir-akhir ini lebih cenderung pada padat modal. Artinya, setiap dolar yang masuk akan menciptakan lapangan kerja yang lebih sedikit. Mereka (investor) akan lebih menggunakan tenaga permesinan atau robot," katanya dalam diskusi secara daring, Rabu (2/9/2020). (Baca juga: Indeks Naik, Analis Ini Malah Minta Investor Jual Saham dan Pegang Tunai )

Menurut dia, sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) tumbuh dengan cepat sehingga menjadi tren di seluruh dunia saat. Akibatnya, akan banyak pemutusan hubungan kerja (PHK) ke depannya. (Baca juga: Ngeri! Deflasi Agustus 0,05% Bikin PHK Makin Meroket )

"Ini yang mesti dipikirkan oleh pemerintah karena akan banyak PHK nantinya. Pemerintah harus menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi yang kena PHK dan 2,3 juta orang per tahun baru yang mencari kerja," jelasnya. Lebih lanjut, dia pun mengusulkan pemerintah harus mendorong agar masyarakat mau berwirausaha.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)