alexametrics

Dongkrak Ekonomi RI di Kuartal I/2020, Sri Mulyani Berharap ke Dana BOS

loading...
Dongkrak Ekonomi RI di Kuartal I/2020, Sri Mulyani Berharap ke Dana BOS
Menkeu Sri Mulyani mengatakan, bahwa pengubahan skema dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) bisa memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi nasional. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, bahwa pengubahan skema dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) bisa memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal I tahun 2020. Khususnya pada tingkat konsumsi rumah tangga.

"Kita berharap dengan jumlah lebih banyak akan berikan daya ungkit ke perekonomian. Kalau seberapa besar dampak, kita harus lihat dulu karena dari sisi GDP untuk konsumsi terutama tumbuh di bawah 5% jadi perhatian," kata Menkeu Sri Mulyani.

Seperti diketahui Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sepakat untuk merombak skema penyaluran dana BOS pada tahun 2020. Implementasinya mulai tanggal 10 Februari 2020.



Dalam skema yang baru, pemerintah memutuskan untuk meningkatkan jumlah unit cost atau dana bantuan yang diterima per siswa baik di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu Menkeu juga mendorong belanja Kementerian dan Lembaga secara efektif sejak awal tahun.

"Kita tentu berharap di kuartal I ini terutama pada Januari itu, dimana APBN sangat mungkin masih belum meningkat. Dan presiden telah sampaikan ke seluruh kementerian untuk lakukan belanjanya yang betul-betul efektif," paparnya.

Tujuannya terang dia pada kuartal I ini terjadi peningkatan dari belanja negara dalam rangka mengimbangi efek seasonal yang masih lamban. Ini juga memeratakan antar kuartal.

Dia pun menambahkan banyak faktor yang akan membuat laju perekonomian nasional lebih tinggi di tahun 2020. Di awal tahun, dirinya berharap serapan belanja kementerian/lembaga (K/L) dikebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak