Menkeu: Negara-Negara Kompak Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

Selasa, 25 Februari 2020 - 12:06 WIB
Menkeu: Negara-Negara Kompak Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi
Menkeu: Negara-Negara Kompak Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati membeberkan hasi pertemuannya dengan negara-negara G20 yang berlangsung di Jeddah, Arab Saudi. Dia menyebutkan, banyak negara yang menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonominya.

Hal ini disebabkan penyebaran virus corona yang semakin luas dan banyak memakan korban serta menekan perekonomian global. Wabah virus corona ini masih belum bisa dipastikan akan berlangsung berapa lama dan sebesar apa dampaknya terhadap perekonomian banyak negara.

"Beberapa negara sudah melakukan persiapan untuk skenario-skenario pelemahan yang cukup serius ya, termasuk proyeksi pertumbuhan ekonomi di masing-masing negara tersebut yang dilakukan penyesuaian ke bawah," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Dia melanjutkan, Indonesia sudah mengikuti langkah tersebut agar bisa mengantispasi perlambatan ekonomi dunia akibat virus corona. Namun, saat ini masih menghitung seberapa besar dampak virus tersebut terhadap perekonomian domestik.

"Kita juga perlu untuk melakukan antisipasi seperti itu dan oleh karena itu tadi dibahas bagaimana pengaruh terhadap global economy growth, terutama kepada China kemudian dampak ke Indonesia. Beberapa hitungan sudah kita lakukan namun kita harus lihat secara detail sektornya dan kita akan terus mengembangkan policy-nya," jelasnya.

Sebagai informasi, Pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 dipimpin oleh Menteri Keuangan Arab Saudi, Mohammed Al-Jadaan, dan dihadiri oleh para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara G20, World Bank dan IMF dan Lembaga International lainnya serta negara undangan. Delegasi RI dalam pertemuan ini dipimpin oleh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8043 seconds (0.1#10.140)