Airlangga Optimis Rupiah Akan Kembali Menguat

Minggu, 08 Maret 2020 - 15:33 WIB
Airlangga Optimis Rupiah Akan Kembali Menguat
Airlangga Optimis Rupiah Akan Kembali Menguat
A A A
JAKARTA - Penyebaran virus corona (Covid-19) telah menekan pasar keuangan, dimana nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dan pasar saham terus tergerus. Pemerintah pun melakukan aksi intervensi dengan menggunakan instrumen fiskal untuk memulihkan rupiah, yang saat ini berada di Rp14.243 per USD.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, optimis langkah pemerintah yang melakukan instrumen fiskal akan kembali membuat rupiah menguat.

"Saya yakin rupiah akan rebound dan terus menguat. Karena kita disini untuk menenangkan pasar. Dan itu direspon positif, dimana harga saham kembali rebound. Ini berkat koordinasi antara Pemerintah, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Kita yakin rupiah akan kembali stabil," ujar Airlangga di Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Airlangga melanjutkan kebijakan Bank Indonesia yang telah menurunkan suku bunga hingga 5 kali, adalah tepat. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga fundamental ekonomi agar tetap kuat.

"Pemerintah juga mendorong agar transmisi penurunan suku bunga bisa disalurkan ke perbankan nasional," tekannya.

Airlangga menambahkan bahwa Otoritas Jasa Keuangan melakukan relaksasi terhadap non performing loan. Kelonggaran kredit ini bertujuan untuk mendorong stimulus ekonomi Indonesia.

"Pemerintah sedang melihat lagi apa yang bisa dilakukan untuk UMKM agar di dalam situasi seperti sekarang, UMKM bisa menjadi tulang punggung ekonomi nasional untuk menunjang domestic demand," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7050 seconds (0.1#10.140)