Mumpung Kesehatan Jadi Idaman, Kemenperin Genjot Industri Olah Raga

Sabtu, 05 September 2020 - 13:45 WIB
loading...
Mumpung Kesehatan Jadi Idaman, Kemenperin Genjot Industri Olah Raga
Kemenperin mendorong pengembangan industri olah raga seiring meningkatnya permintaan produk olah raga di masa pandemi saat ini. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya meningkatkan kinerja industri alat olah raga agar semakin memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Terlebih, di tengah pandemi Covid-19 ini banyak masyarakat yang mulai giat berolah raga untuk menjaga kesehatannya.

"Kondisi pandemi saat ini menjadi peluang bagi industri alat olah raga untuk memacu produktivitasnya dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Sabtu (5/9/2020).

(Baca Juga: New Normal, Kebutuhan Alat Olah Raga Baru Meningkat)

Menperin menyampaikan, dalam upaya menggenjot daya saing industri alat olah raga di dalam negeri, pihaknya kini fokus terhadap penguatan struktur manufakturnya. Kemenperin akan mendorong penumbuhan sektor pendukungnya, serta memperkuat brand lokal dan memfasilitasi kemitraan antara produsen alat olah raga dengan induk cabang olah raga.

Agus menambahkan, pihaknya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Kemenpora atas peran sertanya dalam membina dan mengembangkan industri alat olah raga di Indonesia. Inisiasi ini diharapkan juga dapat memajukan prestasi olah raga nasional di kancah global.

"Industri alat olah raga merupakan salah satu bagian penting yang menjadi fokus dalam pembinaan dan pengembangan olahraga nasional. Dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035, industri alat olah raga yang masuk dalam kategori industri aneka merupakan salah satu sektor dari 10 industri prioritas nasional yang pengembangannya mendapat akselerasi," paparnya.

(Baca Juga: Kemenperin Bikin Platform Jejaring Industri Alas Kaki, Ini Manfaatnya)

Menperin menamnbahkan, sudah banyak produk alat olah raga buatan industri di dalam negeri diminati pasar global. Berdasarkan data BPS, nilai perdagangan alat olah raga Indonesia mencatatkan jumlah yang cukup besar. Nlai ekspor alat olahraga Indonesia sepanjang tahun 2019 tercatat mencapai USD179,7 juta atau sekitar Rp2,52 triliun.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)