Mallsampah-Belika Startup Lokal Dongrak Ekonomi Masyarakat

Rabu, 15 April 2020 - 08:04 WIB
loading...
A A A
“Pemberdayaan pengepul lokal mampu mendongkrak perekonomian daerah, khususnya industri daur ulang. Masyarakat juga tentunya akan semakin merasakan dampak, karena mereka akan semakin dipermudah untuk mendapatkan pengehasilan tambahan dari sampah daur ulang yang dihasilkan,”tuturnya.

Dia mengungkapkan, di era distrupsi membentuk pola baru dimasyarakat, akses layanan yang hampir semuanya dapat di akses melalui telepon pintar menjadi nilai unggul untuk mMallsampah, sebagai online waste platform pertama di Indonesia. Namun, , tantangan terbesar ada pada edukasi masyarakat yang masih kurang merata tentang pemilahan sampah. Pada dasarnya akses layanan Mallsampah dapat digunakan jika masyarakat telah memulai habit pemilahan sampah daur ulang di rumah mereka.

“Namun antusias yang besar diperlihatkan oleh masyarakat melalui jumlah pengguna mallsampah yang telah mencapai 10.000 pengguna di Sulawesi Selatan.

Mitra MallSampah Rukiah, 52 tahun, mengaku sangat bersyukur bisa menjalin kerja sama dengan startup tersebut. Sejak bergabung, banyak perubahan dalam bisnisnya yang dirasakan. Mulai dari efisiensi biaya pengantaran sampah hingga pemilahan sampah yang sudah sesuai kategorinya.

“Saya mitra pertama MallSampah. Manfaatnya bagus sekali. Banyak sampah yang bisa dikepul hanya memanfaatkan aplikasi melalui handphone dan tidak harus menunggu lama. Paling penting, pendapatan naik saat ini rata-rata per bulan di hari normal Rp5 juta naik dikisaran Rp1 juta sampai Rp1,5 juta,” jelasnya.

Perempuan paruh baya itu mengaku, melalui bisnisnya sebagai pengepul sampah dengan lokasi usaha di Jalan Batua Raya, sudah bisa melakukan banyak hal. Mulai memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari hingga bisa membangun rumah sendiri.

Sementara itu, Founder Belika.Id, Riska Safitri Arief mengungkapkan, sebagai pemain baru dalam bisnis platform e-commerce tak membuatnya ciut. Mengusung aplikasi Belika merupakan dialek khas Makassar yang artinya ingin membeli, membuat PT Belika Media Utama (PT BMU) usaha yang menaungi Belika.Id berkembang. Mengusung semangat mengembangan bisnis UMKM lokal, Belika.id hadir bekerja sama dengan pemerintah daerah, asosiasiasi, dan pelaku usaha untuk memfasilitasi dan mengembangkan umkm sulawesi selatan serta memperkenalkan produk-produk lokal.

“Kami menargetkan pasar belika ini dapat mencakup semua kalangan, baik anak muda maupun orang tua karena belika menyediakan berbagai kategori yang dibutuhkan oleh semua kalangan,”katanya.

Dia menegaskan, Beda belika dari e-commerce yang lain, yakni pihaknya menyediakan fitur live streaming sehingga dapat menimbulkan trust pada pelanggan. Tak hanya itu, pihaknya juga akan memfasilitasi semua bisnis seperti tiket bus, tiket hotel, perdagangan retail, dan lainnya. “Belika ini lahir dari Sulawesi Selatan, sehingga kami berharap potensi umkm dan industri lokal bisa dikembangkan dan diperkenalkan,”paparnya.

Untuk saat ini, belika sudah bisa di download di android, sedangkan untuk ios masih sementara proses, dan bisa diakses melalui website belika.id. Pelapak untuk saat ini sudah ada yang masuk dari UMKM Sulsel sebanyak 100-an, dan sementara melakukan sosialisasi ke pelaku usaha lainnya. “Saat ini sudah ada 1.000 UMKM yang akan join mengisi lapak di Belika.id dan istimewanya, khusus UMKM di Sulsel kita gratiskan. Sesuai arahan Disdag Sulsel,"paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)