Beli Produk Teman, Upaya Hipmi Gerakkan Kembali Ekonomi

Senin, 07 September 2020 - 11:45 WIB
loading...
Beli Produk Teman, Upaya Hipmi Gerakkan Kembali Ekonomi
Hipmi mendorong anggotanya untuk saling membeli produk yang dihasilkan untuk mempertahankan bisnis sekaligus menggerakkan ekonomi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Dalam upaya memulihkan perekonomian di masa pandemi Covid-19, Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) mendorong sesama pengusaha muda untuk saling membeli produk yang dihasilkan anggota Hipmi.

Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H Maming mengatakan, gerakan membeli produk teman itu diterapkan agar perekonomian di masyarakat terus berputar. Pihaknya mendorong baik sesama pengusaha maupun pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), masyarakat dan lainnya, untuk saling membeli produk.

(Baca Juga: Hipmi Minta Tim Perumus DPR-Buruh Jaga Substansi RUU Cipta Kerja) "Kita perlu saling membantu menghadapi pandemi Covid-19 ini, agar pertumbuhan ekonomi kembali pulih. Sehingga, dapat meningkatkan pasar domestik dengan membeli jualan teman," ujar Maming dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (7/9/2020).

Selain perekonomian bisa berjalan, lanjut Maming, upaya ini mendongkrak daya beli di masyarakat meski tidak terlalu signifikan. Menurutnya, tidak ada salahnya saling membantu teman yang memiliki usaha dan dibeli produknya.

"Dengan begitu, mereka tidak akan berpikir sampai usahanya bangkrut. Paling tidak, dengan membeli produk teman, dapat membantu mereka keluar dari keterpurukan ekonomi di masa pandemi Covid-19," ucapnya.

Tidak hanya kepada sesama pengusaha saja, Mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan itu juga mengajak kepada masyarakat untuk membeli dan bantu mempromosikan barang jualan teman agar bisa memperkuat pasar domestik. Cara tersebut menurutnya jauh lebih baik dan memungkinkan terjadinya perputaran uang di antara masyarakat.

"Lebih bagus lagi jika masyarakat yang belum berjualan, ikut berjualan di tengah pandemi seperti sekarang ini. Sehingga, saling memiliki produk yang dapat dinikmati oleh sekitar," ujarnya.

(Baca Juga: Agar Tak Bangkrut Akibat Pandemi, Sandi Minta UMKM Kolaborasi)

Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, Maming menambahkan, pengusaha muda harus dapat menyesuaikan diri dan memiliki kreativitas untuk mempertahankan bisnis. Untuk itu, Dia berharap, pemerintah dapat mendukung langkah adaptasi maupun usaha yang kebanyakan dilakukan UMKM untuk membantu menggerakkan roda perekonomian.

"Kami mendorong semakin banyak kolaborasi antara pemerintah dan swasta dalam situasi saat ini. Kita tidak bisa sendirian," pungkasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2640 seconds (0.1#10.140)