Terpukul Pandemi Corona, Bank Dunia: Pertumbuhan Asia Bisa -0,5%

Selasa, 31 Maret 2020 - 10:08 WIB
Terpukul Pandemi Corona, Bank Dunia: Pertumbuhan Asia Bisa -0,5%
Terpukul Pandemi Corona, Bank Dunia: Pertumbuhan Asia Bisa -0,5%
A A A
WASHINGTON - Bank Dunia dalam pembaruan laporan ekonominya menyebutkan bahwa pandemi virus corona akan memperlambat pertumbuhan yang pesat di negara-negara berkembang di Asia Timur dan Pasifik, serta China. Bank Dunia menyatakan bahwa perkiraan pertumbuhan yang akurat sulit dilakukan, mengingat situasi yang berubah dengan cepat.

Namun, skenario dasar saat ini menunjukkan pertumbuhan negara-negara berkembang di kawasan akan melambat menjadi 2,1% pada tahun 2020, dan -0,5% dalam skenario yang lebih buruk. Proyeksi tersebut jauh lebih rendah ketimbang pertumbuhan pada 2019 yang diperkirakan mencapai 5,8%.

Di China, di mana wabah corona bermula pada akhir Desember lalu, pertumbuhan diproyeksikan melambat menjadi 2,3% dalam skenario dasar, atau serendah 0,1% dalam skenario terendah, dibandingkan dengan pertumbuhan 6,1% pada 2019.

Wilayah itu menghadapi kombinasi yang tidak biasa dari "peristiwa yang saling mengganggu dan saling menguatkan," ungkap laporan terbaru Bank Dunia tersebut, seperti dikutip Reuters, Selasa (31/3/2020). "Rasa sakit ekonomi yang signifikan tampaknya tidak dapat dihindari di semua negara."

Bank Dunia menegaskan bahwa negara-negara di kawasan tersebut harus berinvestasi dalam kapasitas perawatan kesehatan dan mengambil langkah-langkah fiskal yang ditargetkan, seperti memberikan subsidi untuk pembayaran perawatan sakit dan perawatan kesehatan, untuk mengurangi beberapa dampak langsung dari pandemi.

"Penahanan pandemi akan memungkinkan pemulihan berkelanjutan di kawasan ini, meskipun risiko terhadap prospek dari tekanan pasar keuangan akan tetap tinggi," tambah Bank Dunia.

Guncangan finansial dari pandemi itu juga diperkirakan akan berdampak serius pada kemiskinan, yang didefinisikan sebagai pendapatan USD5,50 per hari. Skenario dasar menyerukan hampir 24 juta orang lebih sedikit untuk keluar dari kemiskinan di seluruh wilayah pada tahun 2020 karena pandemi. Jika situasi ekonomi semakin memburuk, kemiskinan dapat meningkat sekitar 11 juta orang.

"Proyeksi sebelumnya memperkirakan bahwa hampir 35 juta orang akan keluar dari kemiskinan di wilayah ini pada 2020, termasuk lebih dari 25 juta di China saja," kata Bank Dunia.

Selain langkah-langkah fiskal yang ditargetkan, Bank Dunia menyerukan agar negara-negara melakukan kerja sama internasional yang lebih dalam dan kemitraan publik-swasta lintas-batas baru untuk meningkatkan produksi dan pasokan pasokan dan layanan medis utama, serta memastikan stabilitas keuangan setelah krisis.

Negara-negara di dunia juga diminta melonggarkan beban kredit untuk membantu rumah tangga memperlancar konsumsinya dan membantu perusahaan bertahan dari guncangan langsung wabah.

"Kabar baiknya adalah bahwa kawasan ini memiliki kekuatan yang dapat diraihnya, tetapi negara-negara harus bertindak cepat dan pada skala yang sebelumnya tidak terbayangkan," kata Wakil Presiden untuk Asia Timur dan Pasifik di Bank Dunia Victoria Kwakwa.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5543 seconds (0.1#10.140)