Gandeng Alfamart, Pertamina Perbanyak Bright Store di Luar Jawa

Rabu, 09 September 2020 - 14:46 WIB
loading...
Gandeng Alfamart, Pertamina Perbanyak Bright Store di Luar Jawa
Ilustrasi SPBU Pertamina
A A A
JAKARTA - Pertamina bermitra dengan Alfamart dalam mengembangkan bisnis Bright Store di SPBU di luar Pulau Jawa. Kerja sama ini diresmikan dalam bentuk penandatanganan MoU oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Mulyono dan Direktur Merchandising Alfamart Haryanto Susanto serta Direktur Corporate Affairs Solihin.

Mulyono mengatakan, perubahan karakter konsumen di era milenial saat ini membawa opportunity bisnis yang bagus untuk bisnis Non Fuel Retail (NFR).

Potensi bisnis tersebut terlihat dari costumer behavior melalui ekosistem jaringan SPBU yang dimiliki Pertamina sebanyak 7.000 lebih dengan traffic yang sangat tinggi.

"Pertamina telah memiliki Bright Store yang saat ini sudah tersebar di 195 lokasi. Bright Store ini diharapkan dapat menjadi bagian dari channel SPBU di seluruh Indonesia sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen SPBU yang singgah untuk beristirahat sejenak dan kemudian melanjutkan perjalanan kembali. Stop in and refresh," ujarnya, Rabu (9/9/2020). (Baca juga: Ayo Pemerintah Genjot Terus BLT, Sektor Ritel Mulai Tumbuh 8-10% )

Mulyono memastikan bahwa perlu ada kolaborasi dengan minimarket yang memiliki jaringan sangat luas agar pengembangan bisnis NFR bisa berkembang.

Pertamina menggandeng Alfamart dalam mengembangkan bisnis Bright Store di SPBU melalui mekanisme Co Branding Bright Store by Alfamart/Alfamidi di luar Pulau Jawa.

"Saat ini sudah ada 200 toko Alfamart di area SPBU Pertamina. Ke depan akan berubah menjadi Bright by Alfamart/Alfamidi dan berlaku seluruh SPBU baik COCO (milik Pertamina) maupun DODO (Milik Swasta)," ungkapnya.

Menurut dia, dengan adanya kolaborasi kekuatan jaringan SPBU Pertamina dengan kehandalan operasional Alfamart di Indonesia akan memberikan manfaat bagi kedua perusahaan dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Sementara itu, Direktur Corporate Affairs Alfamart Solihin menambahkan, kerja sama ini dapat mencakup kerja sama promosi kedua belah pihak, menunjang produk UMKM dan Private Lable Pertamina, serta adanya sharing dalam investasi. (Baca juga: Jelajah Nusantara, Alfamart Gowes Berakhir di Tugu Libra Merauke )

"Hal yang tak kalah menarik dalam kerja sama ini adalah bagi pengusaha swasta SPBU (DODO) diberlakukan kebijakan khusus franchise fee," imbuhnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0925 seconds (0.1#10.140)