Erick Thohir Ingatkan Hal Ini di Depan Sejumlah Direksi BUMN

Rabu, 09 September 2020 - 23:31 WIB
loading...
Erick Thohir Ingatkan Hal Ini di Depan Sejumlah Direksi BUMN
Di hadapan direksi dari sejumlah BUMN, Menteri Erick Thohir kembali mengingatkan pentingnya beberapa hal yang harus dilakukan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali mengingatkan, pentingnya konsolidasi yang harus dilakukan direksi perseroan pelat merah. Langkah itu dinilai sebagai sebuah keharusan di tengah krisis ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

(Baca Juga: Erick Thohir Usul Bio Farma dan RNI Dapat PMN Rp1 Triliun, Buat Apa? )

Di hadapan direksi dari sejumlah BUMN, Erick menegaskan, konsolidasi tersebut untuk meningkatkan kinerja, efisiensi, dan profitabilitas dari masing-masing perusahaan, khususnya BUMN yang berorientasi ekonomi. BUMN kata dia, dapat berkontribusi terhadap negara dan mampu memberikan dividen.

"Kinerja direksi akan dinilai dan dievaluasi berdasarkan kontrak manajemen berbasis KPI," ujar Erick dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Indikator keberhasilan Key Performance Indicators (KPI) adalah bila perusahaan mampu mencapai target dividen. Meski mempunyai fungsi sebagai pelayanan publik, BUMN juga harus mampu merealisasikan target dividen.

Untuk membantu perusahaan plat merah mencapai KPI tersebut, Erick membentuk klasterisasi BUMN. Menteri yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional tersebut mengungkapkan terdapat 12 klaster yang akan dikelola oleh kedua Wakil Menteri BUMN. Di mana, setiap Wamen akan mengelola masing-masing 6 klaster.

(Baca Juga: Wuih.. Ngapain Sandiaga Uno Temui Erick Thohir, Ada Rencana Apa? )

Wamen BUMN I Budi Gunadi Sadikin, bertugas mengelola BUMN klaster industri migas dan energi, klaster industri minerba, klaster industri perkebunan dan kehutanan, klaster industri pangan, klaster industri kesehatan, dan klaster industri manufaktur.

Adapun, BUMN klaster jasa keuangan, klaster jasa asuransi dan dana pensiun, klaster telekomunikasi dan media, klaster infrastruktur, klaster logistik, dan klaster pariwisata dan pendukung akan dikelola oleh Wamen BUMN II, Kartiko Wirjoatmodjoo.

“Klasterisasi BUMN bertujuan untuk mengelompokkan BUMN sesuai dengan jenis bidang usaha utama (core business) serta rantai nilai bisnisnya, guna menciptakan ekosistem bisnis yang sehat dan kompetitif dari hulu ke hilir,” kata Erick.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)