Tak Cuma Barang Printilan, Sekarang Blibli Jualan Mesin-Mesin

Selasa, 15 September 2020 - 14:55 WIB
loading...
Tak Cuma Barang Printilan, Sekarang Blibli Jualan Mesin-Mesin
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) menggelar “Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia" (BMBIfest). Acara ini dilakukan untuk mensosialisasikan produk lokal serta membuka akses masyarakat untuk lebih mudah belanja produk lokal, utamanya produk industri kecil dan menengah (IKM) .

“Acara ini diselenggarakan untuk mempermudah akses masyarakat Indonesia utamanya pelaku industri menemukan pelaku IKM pembuat peralatan/permesinan lokal, sekaligus untuk memperluas dan menggairahkan pemasaran dan jaringan IKM peralatan dan permesinan Indonesia,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat meresmikan pembukaan Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia di Jakarta, Selasa. ( Baca juga:Menteri Erick Bilang, Para OTG Membahayakan Jadi Harus Dirazia )

Menperin menjelaskan, festival virtual yang digelar di Blibli.com tersebut menampung IKM permesinan dengan tujuh kategori produk permesinan. Di antaranya, mesin pengolahan makanan dan minuman, mesin atau alat kesehatan, elektronik atau kelistrikan, alat atau mesin teknologi tinggi, alat atau mesin pertanian dan perikanan, dan alat transportasi.

“Setelah #BanggaBuatanIndonesia dan #SemuanyaAdaDisini dikenal masyarakat, kini melalui hub pemasaran online produk IKM permesinan, dengan nama “Galeri Mesin Lokal” yang bekerja sama dengan Blibli, diharapkan dapat menjadi peluang baru bagi IKM mesin dan peralatan untuk memperluas pemasaran,” jelas Agus.

Menurut Agus, era normal baru telah mengubah perilaku belanja masyarakat, yang bertransformasi ke digital. Menurut data Bank Indonesia, terjadi lonjakan transaksi perdagangan online sebesar 18,1% pada Maret 2020. Kemudian data BPS 2019 menyebutkan bahwa usaha yang menggunakan e-commerce hanya sebesar 15,08%, sedangkan 84,92% sisanya masih menjalankan usaha secara konvensional.

“Dengan hadirnya Festival Bangga Mesin Buatan Indonesia diharapkan IKM peralatan atau permesinan Indonesia memasuki tren bisnis digital yang berdampak pada perluasan pemasaran dan jaringan IKM melalui teknologi digital,” tambahnya. ( Baca juga:Partai Komunis China Nyatakan Siap Perang dengan Negara ASEAN dan AS )

Dalam kesempatan yang sama, CEO Blibli Kusumo Martanto, menyampaikan Blibli menyambut baik peluncuran virtual hub Galeri Mesin Lokal yang diusung oleh Kementerian Perindustrian.

“Kami merasa senang mendapatkan kepercayaan untuk berkolaborasi dalam menyukseskan inisiatif ini. Blibli melihat begitu besarnya peran dari pelaku IKM permesinan dalam mendukung proses produksi para pelaku industri lainnya, termasuk pelaku UMKM Indonesia di situasi pandemi saat ini,” kata Kusumo.
Kusumo menambahkan, Blibli berkomitmen untuk terus mendukung akselerasi pengadopsian teknologi digital bagi para pelaku IKM dan UMKM, salah satunya adalah dengan bergabung bersama platform e-commerce seperti Blibli.

“Transformasi bersama menuju Industri 4.0 merupakan kunci bagi seluruh pelaku industri khususnya pelaku IKM dan UMKM agar dapat naik kelas. Blibli ingin terus hadir mendorong pelaku IKM dan UMKM agar dapat terus memperkuat dan mengembangkan usahanya,” ujar Kusumo.

Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia (BMBIfest) diselenggarakan selama tiga hari pada 15-17 September 2020 melalui situs www.bmbifest.id dan diikuti oleh 47 IKM peralatan permesinan, BRI, Blibli, serta booth Ditjen IKMA.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)