Dekor Sudut Rumah agar Tampil Elegan

loading...
Dekor Sudut Rumah agar Tampil Elegan
Foto/dok
A+ A-
JAKARTA - Sudut rumah nyatanya bisa difungsikan untuk ruang bersantai atau kerap disebut sudut baca. Ruang ini dapat ditata dengan cantik agar tetap mendukung konsep interior rumah.

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat mendesain sudut baca, seperti situasi pencahayaan. Tata cahaya di sudut baca tidak harus minimalis atau hanya untuk satu orang.

Perabotan terpenting untuk sudut baca adalah tempat duduknya. Ini dapat mengambil berbagai bentuk yang berbeda berdasarkan gaya dan estetika desain yang dipilih. Namun tentu harus nyaman, bukan mengandalkan keunikan semata. (Baca: Cukup Diucapkan, Amalan Ringan Ini Pahalanya Berlimpah)

Arsitek Amirullah Amin dari Architectaria menyarankan, untuk lebih meningkatkan kenyamanan di sudut baca ada baiknya menambahkan pouf, sandaran kaki, atau bangku kaki. "Kita dapat mengangkat kaki dan mengambil posisi lebih nyaman saat membaca atau menjelajahi internet. Anda juga dapat menggunakan ini sebagai meja samping," jelasnya.



Sudut baca juga bisa menjadi area percakapan yang akrab, maka butuh sepasang kursi dan meja yang nyaman. Ini adalah ruang di mana Anda dapat menikmati obrolan yang menyenangkan dengan seseorang atau mendiskusikan sesuatu yang pribadi saat semua orang berada di sofa ruang tamu.

Dalam hal pencahayaan, satu ide yang selalu menonjol adalah lampu lantai yang terlalu besar. Betapa elegan dan uniknya lampu tersebut ditempatkan di sudut ruangan, tetapi melengkung di atas kursi. Juga, itu cukup besar tapi sangat ramping dan halus pada saat yang bersamaan.

Ada banyak ruang di mana Anda berpotensi menciptakan sudut baca yang nyaman. Misalnya, Anda dapat menambahkan satu ke kamar tidur sehingga Anda dapat memiliki tempat khusus untuk membaca sebelum Anda naik ke tempat tidur. Di kamar tidur, sudut baca dapat ditempatkan di salah satu meja samping tempat tidur sehingga Anda dapat menggunakan cahaya dari lampu saat membaca. (Baca juga: Partai Komunis China Nyatakan Siap perang dengan Negara ASEAN dan AS)



Sudut baca juga dapat menjadi bagian dari area tempat duduk ruang tamu utama. Anda bisa menambahkan beberapa kursi berlengan dan meja kecil di samping sofa yang agak jauh.

"Lokasi tersebut dapat menyediakan tempat duduk tambahan untuk ruang tamu saat dibutuhkan atau dapat berfungsi sebagai sudut baca saat ruangan kosong dan sepi," tambahnya.

Anda bisa menambahkan kursi kecil dan meja samping, bahkan mungkin beberapa rak untuk buku dan semacam perlengkapan pencahayaan seperti lampu meja. Lampu meja yang memberikan pencahayaan lembut dan menyenangkan dan perpaduan ini dapat menjadi sudut baca yang nyaman. Bahkan, ini pun bisa menjadi ruang kerja kecil atau berpotensi juga untuk menjadi ruang rias bagi wanita.

Adapun furnitur sebenarnya yang cocok di sudut baca tidak terbatas. Misalnya, kursi beraksen sering disukai, sesuatu dengan bentuk yang menarik atau desain yang keren membantu untuk lebih memperhatikan area ini.

Kursi berlengan juga dapat menjadi pilihan dengan berbagai bentuk. Anda tidak perlu kursi khusus hanya untuk sudut baca jika Anda bisa meminjamnya dari ruang tamu kapan pun Anda mau. (Baca juga: Jakarta Berlakukan Lagi PSBB, Persija Pindah Tempat Latihan)

Dua tempat duduk yang indah ini pasti dirancang dengan sudut pandang membaca. Ini bagus dan kecil, dengan bantal empuk yang nyaman untuk duduk dan punggung serta satu untuk sandaran tangan. Di sisi lain, ada modul kecil yang dibangun ke dalam bingkai, meja samping dengan ruang di dalamnya untuk buku.

Menambahkan bantal ekstra atau selimut ke sudut baca dapat membantu menciptakan suasana hati yang sangat nyaman. Ini juga cara yang bagus untuk membuat area ini lebih nyaman dan alasan untuk menghadirkan lebih banyak warna atau tekstur ke dalam desainnya. Satu atau dua kursi santai juga bisa muat di sudut baca selama ada cukup ruang untuk itu. Jika rumah Anda menjadi besar, ini tidak akan benar-benar menjadi sudut melainkan tetap ruang baca. Tempat yang bagus itu bisa di depan jendela besar atau mungkin di luar di teras atau dek tertutup.

Akan lebih menyenangkan jika Anda dapat mengakses area dengan semacam penyimpanan untuk buku atau majalah. Contohnya, rak majalah kasual, itu tidak akan memakan banyak ruang, dan Anda dapat dengan mudah membuatnya di area tempat duduk atau ruang tamu. (Lihat videonya: Marion Jola Bikin Heboh karena Bra, Gisella Menyesal Bercerai)

Lantas mengenai opsi penyimpanan buku, pertimbangkan menara vertikal yang keren. Menara itu sebaiknya tinggi dan ramping sehingga tidak memakan banyak ruang di lantai dan menyediakan banyak ruang untuk buku dan bahan bacaan lainnya. Anda juga dapat menggunakan salah satu rak untuk menyimpan lampu. Bahkan, Anda tidak memerlukan meja samping terpisah untuk itu.

Jika Anda sudah memiliki perpustakaan, silakan gunakan itu sebagai tempat membaca juga. Anda dapat memiliki kursi tambahan di suatu tempat di sudut atau menggunakan kursi meja yang ada. Apa pun itu, Anda akan memiliki ruang yang tenang di mana Anda dapat beristirahat dengan buku kapan pun Anda mau. (Ananda Nararya)
(ysw)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top