Visa dan Bank Mandiri Kampanyekan Banyak Bayar dan Kurangi Sentuhan

Kamis, 17 September 2020 - 17:58 WIB
loading...
Visa dan Bank Mandiri Kampanyekan Banyak Bayar dan Kurangi Sentuhan
Foto/Ichsan Amin/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Visa, perusahaan pembayaran digital terdepan, dan Bank Mandiri mengkampanyekan penggunaan pembayaran contactlesssebagai cara membayar yang aman dan praktis dalam webinar “Pembayaran Contactless, Tren yang Makin Diminati di Era Digital”.

Senior Vice President Credit Card Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Lila Noya mengatakan, bergesernya perilaku konsumen akibat pandemi mengakselerasi inovasi pada industri pembayaran . Menurut dia, Bank Mandiri menyadari perubahan pola transaksi dan kebutuhan konsumen, khususnya di masa pandemi ini.

“Ini yang mendorong kami untuk lebih berkreasi guna mewujudkan transaksi perbankan, termasuk pembayaran, yang lebih aman dan praktis,” ungkapnya di Jakarta, Kamis (17/9/2020). ( Baca juga:Siap-siap Penggila Belanja Online, Pajak Digital Bisa Berlaku ke Seluruh E-Commerce )

Dia menambahkan, dengan meningkatnya pemahaman teknologi digital, security dalam bertransaksi serta faktor higienis saat berbelanja untuk kebutuhan harian atau kebutuhan esensial lainnya cenderung memilih yang aman. “Kini konsumen cenderung memilih pengalaman membayar di toko yang aman dan meminimalisasi kontak fisik, seperti halnya yang ditawarkan oleh kartu Mandiri Visa Contactless,” pungkasnya.

Para pemegang kartu Mandiri Visa Contactless hanya perlu tap kartu mereka di kasir untuk transaksi hingga Rp1 juta tanpa perlu otentikasi PIN. Beragam kartu Mandiri Visa Contactless juga menawarkan level keamanan tertinggi yang diberikan oleh kartu berbasis chip EMV. Setiap transaksi juga dilengkapi dengan kode sekali pakai (one time password), spesifik per transaksi, sehingga melindungi informasi pembayaran yang sensitif.

Sementara itu, President Director PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan, kebiasaan nontunai terbentuk secara cepat dan diperkirakan akan tetap diminati di era serba-digital saat ini. ( Baca juga:Pada Menlu Saudi, RI Sampaikan Kekhawatiran akan Situasi di Yaman )

Dia mengacu pada studi terbaru yang dilakukan secara internal yang mengungkap 62% konsumen Indonesia memilih membayar menggunakan kartu kredit, kartu debit, dan aplikasi mobile, dibandingkan uang tunai, saat berbelanja kebutuhan esensial di toko akibat pandemi.

“Konsumen menjadi lebih terbiasa dengan perdagangan yang serba-digital dan menggunakan pembayaran contactless untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Kami senang Bank Mandiri memiliki visi yang sama dengan Visa untuk memperluas awareness, adopsi, dan penggunaan kartu contactless dalam menjawab kekhawatiran para pemegang kartu dari segi keamanan berbelanja,” ungkapnya.

Kampanye webinar tersebut juga dihadiri aktris Laura Basuki yang berbagi pengalaman berbelanja higienis di masa pandemi Covid-19. “Semua serba-higienis ya, mau tidak mau kita harus berubah. Karenanya kalau berbelanja saya mengutamakan belanja online dalam memenuhi kebutuhan keluarga saya yang sifatnya insidentil. Kalau belanja bulanan tetap keluar rumah tapi dengan sistem pembayaran contactless,” pungkasnya.

Kini semua kartu berlogo Visa yang diterbitkan oleh Bank Mandiri telah mencapai 1,2 juta kartu dan seluruh tipenya telah dilengkapi teknologi contactless. Adapun koleksi Mandiri Credit Card dengan teknologi contactless itu meliputi Mandiri Signature Card, Mandiri Platinum Card, Mandiri Golf Card (Signature & Platinum), Mandiri Gold & Classic Card, Mandiri Traveloka Card, dan Mandiri Hypermart Card.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)