Wishnutama : Penurunan Kunjungan Wisman Sesuai Perkiraan

Senin, 04 Mei 2020 - 22:52 WIB
loading...
Wishnutama : Penurunan Kunjungan Wisman Sesuai Perkiraan
Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia merosot akibat pandemi Covid-19. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Sektor pariwisata tengah merana terimbas pandemi corona (Covid-19). Salah satunya tampak dari kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang merosot sebagaimana terjadi juga di negara lain.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, pariwisata merupakan sektor pertama dan paling terdampak atas pandemi Covid-19.

Hal itu tercermin dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada Maret 2020 sebanyak 470,90 ribu. Angka ini turun 45,50% dibandingkan Februari 2020 dan turun 64,11% dibandingkan Maret 2019.

"Secara kumulatif pada Januari hingga Maret 2020, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 2,61 juta kunjungan atau turun 30,62% dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2019 yang berjumlah 3,76 juta kunjungan," kata Wishnutama dalam keterangannya di Jakarta, Senin (4/5/2020).

Menurut dia, penurunan tersebut sudah dapat diperkirakan mengingat langkah-langkah pemerintah Indonesia dan juga pemerintah negara penyumbang wisman potensial ke Indonesia yang memutuskan menutup akses keluar-masuk negaranya demi pencegahan penyebaran Covid-19.

Wishnutama menyatakan, menurunnya kinerja sektor pariwisata tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga di negara-negara lain. Penutupan batas kota atau negara mengakibatkan tidak beroperasinya banyak rute penerbangan sehingga aktivitas pariwisata pun mandek.

Saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) fokus melakukan mitigasi dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sekaligus mempersiapkan program dan strategi dalam menghadapinya untuk bangkit pascapandemi.

"Kemenparekraf sendiri saat ini fokus dalam upaya bersama mencegah penyebaran Covid-19 serta memastikan dan menjalankan langkah mitigasi dampak dari pandemi Covid-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkapnya.

Banyak langkah yang telah dijalankan Kemenparekraf/Baparekraf, baik dengan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait maupun program mandiri Kemenparekraf yang semuanya memfokuskan terhadap pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

"Program-program yang membantu pekerja dan pengusaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan terus dilakukan, termasuk memberi usulan pada kementerian/lembaga lain dalam menjaga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3952 seconds (0.1#10.140)