Rugi Dihajar Pandemi, Hotel BUMN Ini Beralih ke Jasa Laundry

Kamis, 24 September 2020 - 15:54 WIB
loading...
Rugi Dihajar Pandemi, Hotel BUMN Ini Beralih ke Jasa Laundry
Bisnis hotel ikut terdampak pandemi Covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Hotel Indonesia Natour (HIN) (Persero) melakukan sejumlah inovasi untuk menekan kerugian akibat pandemi Covid-19 . Adapun yang dilakukan, yakni mulai dari menjual makanan, jasa laundry hingga mengobral diskon besar-besaran.

"Kami di PT HIN tidak pernah tutup hotel tapi adaptif dengan kondisi dengan menerapkan SOP baru," kata Direktur Utama PT HIN Iswandi Said dalam diskusi virtual, Kamis (24/9/2020).

Menurrut dia di bidang marketing PT HIN melakukan kegiatan untuk mendapatkan cash in advance atau cash flow dengan menawarkan pada masyarakat book now, stay later. Di samping itu PT HIN juga menawarkan diskon hingga 50%. "Boleh stay kapan saja hingga tahun depan. Dan ini alhamdulillah membantu juga cash flow PT HIN untuk bertahan. Paling nggak untuk membayar gaji karyawan," katanya.

Dia pun menambahkan PT HIN juga menyediakan outside catering dan mengirimkan ke masyarakat. Iswandi mencontohkan Hotel Inna Parapat memproduksi roti tawar untuk di jual dan didistribusikan di mini market sekitar Parapat bahkan sampai ke daerah Pematang Siantar. "Bisa diantar ke rumah melalui Gojek dan sebagainya. Jadi paling tidak dapur masih ngebul untuk bantu biaya listrik," ucapnya.



Tidak hanya itu, PT HIN juga menawarkan inovasi berupa drive thru wedding dan drive thru graduation di beberapa hotel seperti Medan, Jogja dan Bali. "Beberapa minggu lalu ada wisuda drive thru di hotel kita 1,800 orang," kata Iswandi.

Selain itu mereka juga menawarkan jasa laundry yang siap antar-jemput ke tempat pelanggan. Terakhir adalah program isolasi mandiri yang dinilai Iswandi cukup diminati masyarakat dengan perekonomian yang cukup. "Mereka tidak ingin stay di Wisma Atlet dan kita siapkan fasilitas yang ada sesuai protap isolasi dan dikawal dokter. Di Bali ada yang tinggal satu keluarga tinggal untuk isolasi di sana (hotel). Anaknya bosan sekolah online dan kita siapkan di kamar ada WiFi, sorenya mereka berenang," pungkasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.3037 seconds (0.1#10.140)