Joss! Izin Ekspor Impor Bakal Diringkas Tinggal Satu Hari

Kamis, 24 September 2020 - 17:18 WIB
loading...
Joss! Izin Ekspor Impor Bakal Diringkas Tinggal Satu Hari
Jalur ekspor impor bakal lebih ringkas sehingga bikin biaya lebih efisien. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan memperbaiki jalur logistik dengan menerapkan National Logistic Ecosystem (NLE) guna memberikan kemudahan bagi importir dan eskportir serta pelaku logistik dalam mengurus perizinan dan dokumen yang dieperlukan. Dengan sistem tersebut akan meringkas waktu dari semula tiga hari menjadi tinggal satu hari.

"Jadi tidak harus berkali-kali para importir dan eksportir melakukan penyerahan dokumen atau perizinan untuk berhubungan dengan kementerian atau lembaga terkait. Ini akan lebih efisien dan menghemat waktu dari 3 hari bisa 1 hari," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam diskusi virtual, Kamis (24/9/2020).



Menurut dia sistem NLE juga diyakini akan membuat proses pengurusan dokumen bagi para importir dan eksportir menjadi lebih transparan. Di sisi lain dapat memudahkan kementerian atau lembaga terkait dalam menerbitkan perizinan yang diperlukan.

"NLE diharapkan ada kemudahan dan clarity atau kejelasan dalam seluruh proses, di mana dokumen itu bisa di-share meski bukan integrasi. Tetapi kolaborasi yang akan sangat mudah dan menyederhanakan bagi pemangku terkait," ujarnya.



Dia menambahkan akan mempercepat implementasi dari NLE atau Ekosistem Logistik Nasional demi meningkatkan kinerja logistik nasional, memperbaiki iklim investasi hingga mendongkrak daya saing perekonomian nasional. "Khusus di laut yang memang sangat lekat atau syarat dengan permasalahan ini, dalam jangka pendek tentu pengembangan platform NLE," pungkasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)