Siap-siap! Ekonomi China Bangkit, Rupiah Jaya

Senin, 28 September 2020 - 09:04 WIB
loading...
Siap-siap! Ekonomi China Bangkit, Rupiah Jaya
Rupiah diprediksi mendapatkan sentimen positif dari kebangkitan industri Tiongkok. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diprediksi bakal memperoleh sentimen positif imbas dari bangkitnya ekonomi China pasca dihantam pandemi Covid-19. Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston mengatakan sentimen positif terlihat dalam pergerakan aset berisiko di pasar Asia pagi ini dengan indeks saham Asia mengalami penguatan dan nilai tukar regional juga menguat terhadap dolar AS.

"Sentimen positif didorong oleh data positif dari Tiongkok yang rilis di hari Minggu. Data profit industri Tiongkok mengalami pertumbuhan 19.1% di bulan Agustus," kata Ariston di Jakarta, Senin (25/9/2020).

Menurut dia industri Tiongkok tercatat selalu mengalami pertumbuhan profit sejak bulan Mei setelah pandemi berakhir di Tiongkok yang menunjukkan pemulihan ekonomi di negara tersebut. Di sisi lain, pasar masih mewaspadai perkembangan pandemi yang masih terus menaik yang bisa mendorong pemerintah untuk menerapkan lockdown kembali sehingga bisa memperlambat pemulihan ekonomi dan menekan kembali aset berisiko. "Hari ini, rupiah bisa ikut terdorong menguat mengikuti sentimen positif ini dengan potensi kisaran di Rp14.750-Rp14.850 per dolar AS," katanya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2285 seconds (0.1#10.140)