Subholding BUMN Ditarget Rampung Dalam 2 Tahun, Ini Rinciannya

Selasa, 29 September 2020 - 10:25 WIB
loading...
Subholding BUMN Ditarget Rampung Dalam 2 Tahun, Ini Rinciannya
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pihaknya terus melakukan langkah konsolidasi untuk merampungkan target subholding BUMN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus menggodok pembentuk subholding BUMN . Bahkan, ditargetkan dalam waktu 2 tahun ke depan semua rencana subholding sudah terealisasi berdasarkan pemetaan klaster BUMN .

(Baca Juga: Pak Ahok, Pembentukan Super Holding BUMN Tak Bisa Simsalabim )

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pihaknya terus melakukan langkah konsolidasi untuk merampungkan target tersebut. Di sektor perbankan, dalam waktu dekat ditargetkan subholding bank syariah akan segera rampung.

"Bank syariah ini lagi proses penggabungan juga, jadi bank syariah yang ada di beberapa perbankan itu akan digabungkan jadi satu bank syariah BUMN, Ini lagi disatukan," ujar Arya dalam Webinar.

Selain perampungan holding perbankan syariah, Kementerian BUMN juga tengah menggodok subholding di bidang pariwisata dan maskapai penerbangan, perhotelan, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, hingga sektor energi dan pertambangan.

(Baca Juga: 8 Perusahaan Dilebur, Holding BUMN Klaster Pangan Dibentuk Akhir 2020 )

"Properti dan perhotelan lagi kita hitung. Ini kita temukan, akan dilakukan efisiensi seperti itu. Yang tadi dalam konsep terdekat bank syariah dan perhotelan kita lagi diukur. Untuk pertambangan kita sekarang konsolidasinya sangat kuat dan ini dibawa Mining Industry Indonesia (MIND ID). Dan MIND ID akan jadi, kemudian akan terlepas dari Inalum, dia berdiri sendiri," kata dia.

Untuk sektor pariwisata, Kementerian BUMN sudah membicarakan dengan Presiden Joko Widodo. Karena itu, dalam waktu yang tidak lama ini pembentukan holding BUMN aviasi dan pariwisata akan terealisasi. Hal yang sama pun berlaku bagi Pelindo.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)