1.150 Anggota KSP Indosurya Cairkan Dananya

Kamis, 01 Oktober 2020 - 10:15 WIB
loading...
1.150 Anggota KSP Indosurya Cairkan Dananya
Foto: dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 1.150 orang anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta sudah mencairkan dana mereka selama September. Jumlahnya terus bertambah. Pencairan dana tersebut diapresiasi para anggota yang menilai sebagai bukti komitmen manajemen KSP terhadap anggotanya. Pencairan dilakukan di Graha Surya, Setiabudi Jakarta Selatan untuk anggota dengan dana di bawah Rp500 juta.

Satu di antara anggota KSP Indosurya, Ayu Agustina mengatakan, dia mengurus pencairan dana simpanan milik ayahnya sekitar Rp50 juta. Warga Pamulang, Tangsel ini pun mengapresiasi langkah pencairan oleh pengurus koperasi. (Baca: Waspada dan Jangan Meremehkan Sifat Lalai)

“Bagus, kita kan menaruh uang karena kepercayaan. Mungkin dengan cara ini, mereka memperbaiki berarti bagaimana caranya nasabah percaya, ya jelas bagus,” tuturnya saat pencairan kemarin.

Dia mengatakan, pencairan dana di KSP Indosurya akan digunakan untuk investasi atau mungkin usaha. Ayu mengaku tidak menyesal menjadi anggota KSP Indosurya. Dia menegaskan dukungan tetap terhadap KSP ini. “Sebenarnya ini sih (Indosurya) termasuk aman karena dikembalikan. Kalau tempat(KSP) lain, kan biasanya kabur,” tuturnya.

Rizki, anggota KSP Indosurya lainnya, mengatakan dirinya menyimpan uang di KSP Indosurya sejak Januari 2020 sekitar Rp50 juta. Dia mengaku bersyukur dana miliknya bisa kembali. Hal ini merupakan bukti komitmen pengurus KSP.

“Alhamdulillah mereka ada itikad baiknya, caranya mengembalikan dana walaupun dicicil. Mudah-mudahan selesai dalam waktu 24 bulan,” katanya. (Baca juga: Bantu Guru PJJ, Kemendikbud Luncurkan Program Guru Belajar)

Pengusaha ikan hias ini mengaku akan menggunakan dana miliknya untuk modal usaha dan perputaran bisnis. Rizki juga berharap agar KSP Indosurya bisa maju kembali seperti sediakala. “Kejadian ini mudah-mudahan tidak terulang lagi. Kan kepercayaan orang sudah banyak yang menaruh uangnya di sini,” katanya.

Pengurus KSP Indosurya Cipta, Sonia mengatakan, hingga saat ini sudah sekitar 1.150 orang anggota yang mencairkan dana. Dia menegaskan saat ini tidak ada masalah dalam pengurusan dana anggota.

Menurutnya, pencairan sesuai tanggal jatuh tempo yang berbeda-beda sesuai dengan jumlah dana yang dimiliki anggota koperasi. Untuk pemilik dana di bawah Rp500 juta, pencairan paling lama adalah tiga tahun. (Lihat videonya: Tempat Karaoke di Depok Ditutup Paksa Petugas)

Menurut Sonia, respons dari anggota terkait pencairan tahap pertama cukup baik. “Untuk pencairan tahap kedua dicairkan pada Oktober. Kita ada juga posko di kota besar seperti Medan, Surabaya, Bandung, untuk mengakomodasi anggota yang berada di luar kota. Mereka kirim dokumen, kita jalankan dari pusat. Jadi pencairan dana tetap diatur dari pusat,” tegasnya. (Rakhmat Baihaqi)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)