RI Doyan Impor Garam, Jokowi: Dari Dulu Engga Cari Jalan Keluarnya

Senin, 05 Oktober 2020 - 12:20 WIB
loading...
RI Doyan Impor Garam, Jokowi: Dari Dulu Engga Cari Jalan Keluarnya
Presiden Joko Widodo (Jokowi) jengkel karena garam rakyat tidak terserap maksimal, akibatnya Indonesia masih ketagihan impor garam. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, garam rakyat yang tidak terserap masih cukup tinggi, imana jumlahnya mencapai 700 ribu ton. Akibatnya Indonesia masih impor garam , yang cukup ironis mengingat nusantara merupakan negara kepulauan yang luas.

“Data per 22 September data yang terima masih 738.000 ton garam rakyat yang tidak terserap oleh industri kita. Ini agar dipikirkan solusinya, hingga rakyat garamnya bisa terbeli,” katanya saat membuka rapat terbatas, Senin (5/10/2020).

(Baca Juga: Industrialisasi Garam Mendesak Demi Kurangi Ketergantungan Impor )

Menurutnya ada dua permasalahan utama dalam penyerapan garam rakyat. Pertama adalah masalah rendahnya kualitas garam rakyat. “Sehingga tidak memenuhi standar untuk kebutuhan industri. Ini harus dicarikan jalan keluarnya," paparnya

Menurutnya persoalan ini sudah diketahui sejak lama, tapi hingga kini belum ada jalan keluarnya. “Kita tahu masalahnya tapi nggak pernah dicarikan jalan keluarnya,” ujarnya.

Kedua, adalah rendahnya produksi garam nasional. Dimana menurutnya solusi paling gampang yang digunakan adalah melakukan impor. garam. “Kemudian cari yang paling gampang yaitu impor garam. Dari dulu gitu terus dan enggak pernah ada penyelesaian,” tuturnya.

“Sebagai contoh dari kebutuhan garam nasional di tahun 2020 sebanyak 4.000.000 ton per tahun dan produksi garam nasional kita baru mencapai 2.000.000 ton. Akibatnya alokasi garam untuk kebutuhan industri masih tinggi yaitu 2,9 juta ton,” terang mantan Gubernur DKI Jakarta.

Jokowi meminta agar segara dilakukan pembenahan pada supply chain mulai hulu sampai Hilir. “Sekali lagi pertama perhatikan ketersediaan lahan produksi. Percepat integrasi antara ekstensifikasi lahan garam rakyat yang ada di 10 provinsi produsen garam. Ini harus betul-betul diintegrasika, terintegrasi dan ada ekstensifikasi,” ungkapnya.

(Baca Juga: PT Garam Didorong Go International agar Impor Garam Tak Lagi 'Asin' )

Selanjutnya dia meminta, agar ada upaya peningakatan produktivitas dan kualitas garam rakyat. Dia ingin agar hilirisasi industri garap segera disiapkan

“Artinya penggunaan inovasi teknologi produksi terutama washing plant harus betul-betul kita kerjakan. Sehingga pasca produksi itu betul-betul bisa memberikan ketersediaan terutama dalam gudang penyimpanan,” ujarnya.

“Sekali lagi persiapan hilirasi industri garam harus betul-betul dikerjakan dengan kemudian mengembangkan industri turunannya,” pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)