Pertamina Tak Mungkin Memainkan Tender, Pengamat Ini Beberkan Alasannya

Selasa, 06 Oktober 2020 - 21:54 WIB
loading...
Pertamina Tak Mungkin Memainkan Tender, Pengamat Ini Beberkan Alasannya
Pengamat menilai Pertamina tak mungkin memainkan tender proyek terkait ketatnya prosedur serta pengawasan di internal BUMN energi tersebut. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) baru-baru ini mendapatkan tudingan miring terkait proses tender pengembangan kilang di Balikpapan dan pengembangan produksi olefin di Kilang TPPI. Ada pihak yang menuding oknum Pertamina main mata dengan para pemenang di kedua pekerjaan tersebut.

Menanggapi hal itu, Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan menilai tudingan tersebut sulit dipercaya. Pasalnya, jelas Mamit, sebagai BUMN besar Pertamina dalam setiap proses pengadaan, terlebih dengan nilai yang besar, tentunya telah memiliki prosedur yang transparan dan diawasi ketat.

(Baca Juga: Tim Satgas Pertamina Siap Kawal Tender dan Kemitraan Proyek Strategis)

"Pertamina sudah menerapkan ISO 37001:2016 mengenai Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP)serta sudah bekerja sama dengan KPK. Jadi saya yakin semua sesuai prosedur dan tidak ada yang ditutupi atau menguntungkan para pencari rente," ujar Mamit di Jakarta, Selasa (6/10/2020).

Selain itu, Mamit menambahkan, Pertamina medio Juni 2020 melakukan peluncuran Piagam New Pertamina Clean dalam rangka mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG). Melalui New Pertamina Clean, tegas dia, makin menegaskan bahwa tidak ada benturan kepentingan, praktik suap menyuap, pegawai yang menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas dan pastinya berdasarkan pada tata kelola perusahaan yang baik. "Ini saya kira sejalan dengan program AHLAK dari Kementerian BUMN," paparnya.

Mamit mengatakan, saat ini lima BUMN sudah mengintegrasikan data dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dimana salah satunya adala Pertamina. "Integrasi data perpajakan ini penting dilakukan karena sangat menguntungkan. Salah satunya, mendukung GCG dalam kaitan transparansi pengelolaan keuangan perusahaan," ujarnya.

(Baca Juga: CERI Surati Bareskrim hingga BPKP Terkait Tender TPPI, Ini Kata Pertamina) Di luar itu, sambung dia, Pertamina juga berhasil mempertahankan peringkat Investment Grade atau BBB dengan prospek Stabil dari Lembaga Pemeringkat Dunia, Fitch. Penilaian ini, tegas dia, menunjukkan bahwa pengelolaam keuangan Pertamina dalam kategori wajar dan transparan. "Ini juga menunjukan bahwa investor percaya kepada Pertamina dalam mengelola bisnis mereka," pungkasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8168 seconds (0.1#10.140)