J3K Gojek Ambil Bagian dalam Pencegahan COVID-19 di Makassar

Rabu, 07 Oktober 2020 - 10:57 WIB
loading...
J3K Gojek Ambil Bagian dalam Pencegahan COVID-19 di Makassar
J3k Gojek ambil bagian dalam pencegahan COVID-19 di Makassar. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - PT Aplikasi Karya Anak Bangsa terus mewujudkan komitmennnya untuk senantiasa andil di tengah masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Salah satunya diwujudkan dengan menghadirkan program J3K, yakni Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan yang ditujukan untuk mitra driver gojek dan konsumen.

Mengusung tagline “Cara Aman Hidup Hidup Nyaman Pakai Gojek ”, program ini telah diperkenalkan secara resmi di kota Makassar, 16 September 2020 lalu.



Program ini menjadi komitmen Gojek , dalam melindungi driver dan konsumen dengan menghadirkan berbagai kegiatan, seperti penyediaan Posko Aman J3K ini merupakan wujud upaya berkelanjutan Gojek dalam memastikan mitra driver, selalu berada dalam kondisi sehat dan kendaraannya senantiasa di-disinfeksi.

Hadirnya program ini disambut positif sejumlah pihak, khususnya mitra driver dan konsumen.

Bagi mitra driver, kampanye program J3k menumbuhkan kepercayaan konsumen dalam berkendara bersama driver karena mereka yakin jika menggunakan Gojek seluruh mitra drivernya sudah dibekali pengetahuan terkait protokol kesehatan.

Salah satu mitra driver, Julius Andrea Bawole, 54 tahun mengaku sangat terbantu hadirnya program J3K, karena konsumen tidak khawatir lagi kalau mereka diantar kemana saja. Bahkan, mereka merasa aman dan nyaman karena adanya program J3K.

“Kami para driver diedukasi pentingnya berkendara menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan membawa handsanitizer. Belum lagi, kendaraan disemprot disinfektan untuk menjaga agar semuanya sudah bersih digunakan dan dapat mencegah COVID-19,” ujar pria yang sejak 2015 menjadi mitra driver ini.

Prinsip maskermu melindungiku dan maskerku melindungimu pula, yang membuat banyak masyarakat sadar akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Makanya, Julius mengakui, sangat disyukuri disetiap mengantar konsumen rata-rata mereka sudah menggunakan masker.



“Sangat disyukuri, meski diawali pandemi pendapatan menurun. Alhamdulillah semakin ke sini, Gojek semakin memberikan ruang meningkatkan pendapatan mitra driver dengan hadirnya pembaharuan aplikasi bagi mitra driver yakni Gopartner. Jika biasanya per hari dikisaran Rp80.000 hingga Rp90.000, kini sudah dikisaran lebih dari Rp100.000 per harinya,” katanya.

Sebelumnya, Head of Regional Corporate Affairs Gojek Mulawarman mengatakan, sejak awal pandemi, Gojek telah memikirkan bagaimana menyediakan layanan yang memudahkan masyarakat tetapi tetap dapat memberikan rasa aman.

Salah satu inisiatifnya adalah dengan menyediakan Posko Aman Bersama Gojek beserta dengan aktifitas yang ada di dalamnya. Posko Aman Bersama Gojek ini merupakan standar layanan baru Gojek untuk mempersiapkan Mitra-Mitra Gojek sebelum beroperasional dengan mengedepankan protokol kesehatan.

"Dengan adanya inisiatif ini, Gojek berharap masyarakat dapat merasa aman dan dapat mengandalkan layanan kami," ujarnya, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, Posko Aman J3K di Indonesia beroperasi di lebih dari 170 lokasi yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Posko dioperasikan oleh petugas terlatih, termasuk diantaranya mitra driver yang tergabung dalam komunitas-komunitas.

Hal ini katanya, dilakukan untuk memperluas jangkauan layanan sekaligus memberikan pendapatan tambahan bagi Mitra Gojek.

Diketahui, untuk Posko Aman bersama Gojek di Makassar ada di dua titik, yakni di SPBU, Jalan Sultan Alauddin (samping MAN 2 MODEL Makassar) dan Area Parkir Begos, Jalan Perintis Kemerdekaan. Posko Aman Bersama Gojek ini beroperasional dari Senin-Sabtu pukul 08.00 hingga 17.00.

Mulawarman menjelaskan, kurang lebih 1.200 Mitra GoRide dan GoCar mengunjungi Posko Aman Bersama Gojek untuk melakukan pengecekan suhu tubuh yang wajib dilakukan seminggu sekali, pembagian paket kesehatan (masker, hand sanitizer, serta sekat pelindung dan penyemprotan desinfeksi kendaraan.



Secara bertahap, mitra driver diwajibkan untuk datang ke Posko Aman J3K yang tersebar di berbagai kota. Dengan tetap menjaga jarak fisik, di posko ini, mitra akan mendapat tiga jenis layanan, yang dilakukan secara drive thru.

Selanjutnya, kata dia, Gojek secara berkala melalukan pengecekan suhu tubuh mitra driver, yaitu minimal satu minggu sekali dan dicatat dalam sistem. Pencatatan dilakukan untuk memastikan seluruh mitra driver yang bertugas senantiasa dalam keadaan sehat.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)