Ada Pandemi, Lima Industri Ini Tetap Getol Cari Karyawan

Rabu, 07 Oktober 2020 - 14:11 WIB
loading...
Ada Pandemi, Lima Industri Ini Tetap Getol Cari Karyawan
Pencari kerja memadati bursa kerja di Gedung Balai Kartini, Kuningan, Jakarta. Foto/Dok SINDOphoto/Yulianto
A A A
JAKARTA - Jobstreet mencatat ada lima industri yang sangat gesit dalam mencari pekerjaan. Country Manager PT Jobstreet Faridah Lim mengatakan, dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, mencari pekerjaan menjadi lebih kompetitif. Di sisi lain, sejumlah perusahaan ternyata mencari pekerja yang memiliki talenta lebih.

"Pencarian kerja sangat kompetitif. Jadi membuat pekerja harus punya talenta lebih agar bisa dilirik oleh perusahaan," ujar Faridah Lim dalam diskusi virtual, Rabu (7/10/2020).

Dia melanjutkan, rekrutmen terbesar terjadi di industri manufaktur/produksi sebanyak 5.273 lowongan. Kemudian kedua disusul industri general trading & grosir sebanyak 2.703 lowongan. (Baca juga: Survei BI Mengungkap: Banyak Jebolan S2 Gak Ngarep Lagi Lowongan Kerja )

Lalu ketiga adalah industri perbankan/layanan keuangan 2.497 lowongan, kemudian keempat yakni ritel atau merchandise 2.485 lowongan, serta computer atau information technology (software) sebanyak 2.232 lowongan.

"Industri-industri berat atau yang masih membutuhkan skala power besar itu masih aktif membuka lowongan dan masih mencari pekerja," katanya.

Dia menambahkan, terjadi peningkatan pelamar kerja yang cukup signifikan selama pandemi Covid-19. Peningkatan itu terjadi bahkan hingga dua kali lipat. Hal tersebut tidak lepas disebabkan oleh gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terus terjadi selama pandemi. (Baca juga: Korban PHK Terus Nanjak, Jangan Ngarep Ekonomi Meroket )

"Dari data kami rata-rata satu lowongan dicari oleh 400 pencari kerja atau pelamar, tapi selama pandemi terjadi peningkatan yang signifikan menjadi 800 pelamar per satu posisi. Itu dari data rata-rata semua lamaran yang ada di Jobstreet," pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)