Terdiskon Cukup Besar, 3 Saham Ini Menarik untuk Dibidik

Senin, 12 Oktober 2020 - 07:30 WIB
loading...
Terdiskon Cukup Besar, 3 Saham Ini Menarik untuk Dibidik
Turunnya IHSG membuka peluang bagi investor pemula untuk mengoleksi saham-saham berfundamental bagus dengan harga diskon. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penurunan yang signifikan mencapai -19,78% (year to date/YTD) 9 Oktober 2020 ke level 5.053. Menurut Equity Analist MNC Sekuritas Catherina Vincentia, penurunan tersebut membuka peluang yang menarik untuk investasi jangka panjang.

Investor pemula, kata dia, dapat memanfaatkan momentum ini untuk mengoleksi saham-saham yang sudah terdiskon. "Banyak saham-saham LQ45 berfundamental bagus menawarkan diskon yang besar yaitu mencapai 30% hingga lebih dari 50%," jelas Catherina di Jakarta, Senin (12/10/2020).

(Baca Juga: Cari Rekomendasi Saham? Pantengin YouTube Live MNC Sekuritas Tiap Pagi)

Ingin tahu saham berfundamental bagus mana saja yang sudah terdiskon cukup besar? Berikut 3 saham yang berdasarkan tim Riset MNC Sekuritas bisa dibidik untuk investasi jangka panjang, dengan rekomendasi Buy:

1. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS)
Target harga : Rp1.200
Potential upside : 22,45%
Prospek bisnis Perseroan didukung oleh dominasi infrastruktur pipa gas yang dimiliki pasca merger dengan Pertagas. Perbaikan outlook perekonomian di tahun 2021, juga diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan PGAS. PGAS juga dinilai memiliki valuasi yang murah dengan PBV hanya 0,66x dimana jauh lebih rendah dibandingkan dengan nilai impairment dari asset pipa gas yang dimiliki saat ini.

2. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)
Target harga : Rp5.700
Potential upside : 22,84%
BBNI dinilai memiliki prospek yang menarik seiring dengan lebih fokusnya bisnis Perseroan untuk mengembangan segmen korporasi dengan masuknya manajemen baru dari eks Bank Mandiri. Sinergi bisnis diharapakan dapat lebih baik di tahun 2021 disertai dengan nilai valuasi yang masih murah yaitu di PBV hanya 0,79x dimana jauh lebih rendah dibandingkan industri Perbankan di buku IV.

3. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM)
Target harga : Rp3.600
Potential upside : 31,87%
Pertumbuhan konsumsi data masih menjadi motor pertumbuhan bisnis Perseroan di tengah ketidakpastian karena COVID-19, dimana Work From Home (WFH) dan tingginya aktivitas online malah menopang pertumbuhan bisnis yang lebih baik. Katalis positif lainnya juga berasal dari menurunnya tingkat persaingan dari perang tarif di 3Q20 dan 4Q20. Hal tersebut mendorong perbaikan sisi margin bisnis Perseroan. TLKM diperdagangkan pada PE di 12,31x dimana nilai tersebut jauh lebih rendah dibandingkan rata - rata historis dalam 3 tahun terakhir.

(Baca Juga: Lahirkan 1.600 Investor, MNC Sekuritas Makin Gencar Edukasi Saham)

Jika belum pernah berinvestasi, ini saat yang tepat untuk memulai berinvestasi saham. Selain itu, membuka rekening maupun transaksi saham pun kini sudah serba online, sehingga praktis dan mudah dilakukan di mana saja. Untuk lebih mudahnya, calon investor tinggal mengunduh aplikasi online trading MNC Trade New di PlayStore atau AppStore dengan meng-klik di sini: bit.ly/mnctradeall.

Melalui menu Open Account, rekening saham bisa diajukan secara full online dalam hitungan hari saja. Hanya dengan minimum deposit sebesar Rp100.000, kini Anda pun sudah bisa menjadi pemilik perusahaan alias pemegang saham.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)