Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

Minggu, 18 Oktober 2020 - 06:30 WIB
loading...
Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia
Berwisata dengan kapal pesiar adalah salah satu aktivitas wisata populer di dunia saat ini. Perputaran uang di pelabuhan kapal pesiar pun sangat besar untuk menambah devisa negara. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
BERWISATA dengan kapal pesiar adalah salah satu aktivitas wisata populer di dunia saat ini. Biasanya perjalanan dengan kapal pesiar akan transit dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain.

Pelabuhan yang menerima kapal pesiar lazim dilengkapi dengan fasilitas khusus untuk memastikan bahwa para penumpang kapal pesiar merasa nyaman. Pelabuhan kapal pesiar juga penting bagi perekonomian lokal karena memberikan peluang kerja bagi banyak orang dan menghasilkan devisa dari belanja wisatawan. (Baca juga: Gara-Gara Corona, Kapal-Kapal Pesiar 'Dikiloin' Jadi Besi Tua)

Dari banyak pelabuhan, berikut 10 pelabuhan kapal pesiar tersibuk di dunia. (Baca juga: 7 Jalur Transportasi Laut Paling Penting di Dunia)

1. Pelabuhan Miami (Amerika Serikat)
Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

Jumlah penumpang kapal pesiar (2016/2017) : 4,9 juta
Terletak di Biscayne Bay di Miami, Florida, Amerika Serikat (AS), Pelabuhan Miami adalah pelabuhan kapal pesiar tersibuk di dunia. Pelabuhan ini juga dilengkapi Port Boulevard, jalan lintas yang menghubungkan pelabuhan ke Pusat Kota Miami. Itu juga terhubung ke Pulau Watson melalui Terowongan PortMiami.

Karena volume lalu lintas yang besar, baik penumpang maupun kargo, PortMiami memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian Miami. Itu juga menyumbang 176.000 pekerjaan. Terminal kapal pesiar Pelabuhan Miami termasuk yang paling modern di dunia. (Baca juga: Di Inter Miami, Gonzalo Higuain Siap Bungkam para Peragu)

2. Pelabuhan Canaveral (AS)
Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

Jumlah penumpang kapal pesiar (2016/2017) : 4,2 juta
Pelabuhan kapal pesiar tersibuk kedua di dunia juga terletak di AS yakni Pelabuhan Canaveral di Brevard County, Florida. Tempat ini juga berfungsi sebagai pelabuhan kargo dan angkatan laut. (Baca juga: Universal Studio Orlando Menjadi Taman Bermain Pertama yang Dibuka Kembali Setelah Pandemi)

Pelabuhan ini menerima lebih dari 4,2 juta penumpang kapal pesiar pada 2016-2017. Rata-rata 10 kapal memasuki pelabuhan setiap hari termasuk dari jalur pelayaran terkenal seperti Disney, Royal Caribbean, Karnaval, dan lainnya.

3. Pelabuhan Everglades (AS)
Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

Jumlah penumpang kapal pesiar (2016/2017) : 3,8 juta
Port Everglades terletak di Broward County, Fort Lauderdale, Florida. Ini berfungsi sebagai pintu gerbang liburan kapal pesiar dan perdagangan internasional. Pada tahun 2016-2017, Pelabuhan Everglades menerima lebih dari 3,8 juta penumpang kapal pesiar.

Pada 2017, ada 846 panggilan kapal. Jalur pelayaran kapal pesiar yang beroperasi di pelabuhan ini antara lain Balearia, Carnival Cruise Lines, Princess Cruises, Royal Caribbean International, dan lainnya. (Lihat grafis: Utang Luar Negeri Indonesia Nomor 7 Terbesar di Dunia)

4. Pelabuhan Cozumel (Meksiko)
Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

Jumlah penumpang kapal pesiar (2016/2017) : 3,6 juta
Pelabuhan Cozumel berada di Pulau Cozumel di negara bagian Quintana Roo, Meksiko. Kapal pesiar Karibia Barat menggunakannya sebagai pelabuhan markas besar mereka. Pulau Cozumel berfungsi sebagai objek wisata utama dengan cuaca tropis menyenangkan, pantai, dan aktivitas pantai seperti snorkeling, memancing, menyelam, dan lain-lain. (Baca juga: Sebuah Kapal Pesiar Tabrak Kapal Pesiar Lain di Meksiko)

5. Pelabuhan Nassau (Bahama)
Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

Jumlah penumpang kapal pesiar (2016/2017) : 3,5 juta
Pelabuhan Nassau terletak di Nassau, ibu kota Bahama di Pulau New Providence. Kapal pesiar di pelabuhan ini berlabuh di Prince George Wharf yang berada tepat di tengah Nassau. Wisatawan dari AS adalah penumpang paling banyak di kapal pesiar ini.

Dari pelabuhan, wisatawan mengunjungi pusat kota Nassau atau pulau-pulau terdekat untuk menikmati aktivitas pantai, berbelanja, menjelajahi terumbu karang dan bakau, kayak, snorkeling, dan lain-lain. (Baca juga: 7 Aktivitas Outdoor yang Aman Dilakukan saat New Normal)

6. Pelabuhan Shanghai (China)
Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

Jumlah penumpang kapal pesiar (2016/2017) : 2,8 juta
Pelabuhan Shanghai adalah pelabuhan laut dalam dan sungai dekat Shanghai di China. Ini berfungsi sebagai pelabuhan penting untuk sebagian besar kapal pesiar besar yang beroperasi di rute Asia-Pasifik.

Pelabuhan Shanghai memiliki tiga terminal pelayaran internasional yang menerima kapal Royal Caribbean Cruises, Ocean Princess, Costa Rica Cruises, Star Cruises, dan lain-lain. (Baca juga: Citra Satelit Ungkap Pabrik Kapal Induk China di Shanghai)

7. Pelabuhan Barcelona (Spanyol)
Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

Jumlah penumpang kapal pesiar (2016/2017) : 2,7 juta
Pelabuhan Barcelona diperkirakan sudah berusia 2.000 tahun. Pelabuhan ini dilengkapi dengan tujuh terminal penumpang internasional dan fasilitas modern seperti AC, telepon umum, restoran dan bar, shuttle bus ke pusat kota, dan banyak lagi. Barcelona adalah tuan rumah bagi sejumlah besar atraksi budaya dan sejarah langka termasuk beberapa Situs Warisan Dunia UNESCO, museum, taman, dan pantai. (Baca juga: Kapal Kargo Uni Emirat Arab Tiba di Israel untuk Pertama Kali)

8. Pelabuhan Kepulauan Luar (Bahama)
Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

Jumlah penumpang kapal pesiar (2016/2017) : 2,5 juta
Kepulauan Luar adalah sekelompok pulau yang merupakan bagian dari Bahama termasuk Kepulauan Eleuthera dan Abaco. Ada sekitar 700 pulau dalam kelompok ini tetapi hanya sedikit yang berpenghuni. (Lihat grafis: Resmi Hadir Viar Panama, Sepeda Lipat Listrik Hybrid Buatan Indonesia)

Pulau-pulau ini berfungsi sebagai terminal kapal pesiar penting dan banyak kapal pesiar yang beroperasi di rute Karibia singgah di pelabuhan ini. Penumpang kemudian dapat menikmati cuaca tropis, pantai, aktivitas air, penjelajahan pulau, dan aktivitas menyenangkan dan penuh petualangan lainnya di Outer Islands.

9. Pelabuhan Civitavecchia (Italia)
Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

Jumlah penumpang kapal pesiar (2016/2017) : 2,2 juta
Terletak di Kota Metropolitan Roma di wilayah Lazio, Italia, Pelabuhan Civitavecchia di Laut Tyrrhenian menawarkan pintu gerbang ke ibu kota Roma dan Vatikan yang bisa ditempuh selama 90 menit. Penumpang kapal pesiar yang tiba di pelabuhan ini juga dapat menikmati aktivitas tamasya di Civitavecchia. (Baca juga: Pancen Bejo, Pandemi Hanya Gerus 7 Persen Kinerja Pelindo)

Tempat ini menjadi tuan rumah pemandian Forte Michelangelo dan Terme Taurine serta atraksi lainnya. Banyak jalur pelayaran utama memulai dan mengakhiri pelayaran mereka di Civitavecchia.

10. Pelabuhan Galveston (AS)
Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

Jumlah penumpang kapal pesiar (2016/2017) : 2,2 juta
Berlokasi di Galveston, Texas, AS, Pelabuhan Galveston menjadi langganan berlabuh kapal dari sebagian besar jalur pelayaran kapal pesiar besar seperti Disney Cruise Lines, Princess Cruises, Carnival Cruise Lines, dan lain-lain. Pelabuhan ini memiliki dua terminal yang didedikasikan untuk kapal pesiar. (Baca juga: Cadangan Devisa Longsor USD1,8 Miliar pada September)

Sumber: www.worldatlas.com
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)