Bantu Serap Produk UMKM, Kemendag Gandeng 3 Perusahaan

Kamis, 15 Oktober 2020 - 19:38 WIB
loading...
Bantu Serap Produk UMKM, Kemendag Gandeng 3 Perusahaan
Foto/Ilustrasi/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Guna membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tengah pandemi, Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama dengan sejumlah perusahaan dan Pemprov Jawa Tengah. Perusahaan tersebut diantaranya Grup Perhotelan Accor, PT BNI (Persero) Tbk, PT. Aplikasi Anak Bangsa (Gojek).

Terdapat tiga poin penting dalam perjanjian ini. Pertama, Koordinasi dengan pihak-pihak terkait yaitu pertukaran data dan informasi, dan pembinaan bagi UMKM. Kedua, kontrak kerja sama pengadaan barang dan jasa dengan UMKM. Terakhir, fasilitas pembiayaan bagi UMKM dan retail modern. (Baca juga: Ada Omnibus Law Cipta Kerja, Ganjar : Saatnya UMKM Ngegas Lagi )

"Kami berharap dengan kerja sama ini dapat meningkatkan daya saing UMKM," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto dalam penandatangan perjanjian kerja sama secara virtual, Kamis (15/10/2020).

Mendag menyatakan, dengan membantu UMKM maka bisa menggerakan perekonomian Indonesia. Mendag menyontohkan, melalui kerja sama dengan grup Accor diharapkan perhotelan bisa menyerap produk-produk UMKM atau dari pasar-pasar untuk memenuhi kebutuhan hotel. (Baca juga: Gratis, Pasien Positif Covid-19 yang Dirawat di RS Rujukan atau Hotel Isolasi Mandiri )

"Kita harapkan ini dapat dicontoh oleh perhotelan di seluruh Indonesia agar produk karya UMKM dapat lebih berkembang. Dan bagi perhotelan di Indonesia dapat mendukung program pemerintah yaitu Bangga Buatan Indonesia dengan menyerap produk UMKM," paparnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)