Mendag Dorong Hotel Serap Produk Buah dan Makanan UMKM

loading...
Mendag Dorong Hotel Serap Produk Buah dan Makanan UMKM
Perhotelan didorong menyerap produk buah dan makan dari UMKM untuk mendukung kelangsungan bisnisnya. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya mendorong kelangsungan produksi dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Salah satunya dengan cara mendorong partisipasi dari para pengusaha untuk menyerap dan memanfaatkan produk-produk yang dihasilkan UMKM Indonesia.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan, produk UMKM memiliki keunggulan yakni kualitas yang baik dan harga yang lebih terjangkau. Salah satunya, kata dia, produk buah dan makanan produksi UMKM yang bisa digunakan di setiap hotel di Indonesia.

(Baca Juga: Kolaborasi, Kunci Memperkuat UMKM di Tengah Multikrisis Pandemi Covid-19)

"Ini akan meningkatkan transaksi bagi UMKM. Misalnya buah-buah produk UMKM setiap hari supply bagi para tamu hotel. Salah satu faktor UMKM bisa bertahan adalah dengan melakukan partisipasi bersama para pengusaha hotel," ujar Mendag dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (16/10/2020).



Dia meyakinkan para pengusaha perhotelan bahwa produk buah dan makanan UMKM tak hanya memiliki harga yang terjangkau, namun juga kualitas yang baik. "Ini cukup tinggi yang mana kualitas baik dan harga terjangkau," jelasnya.

Dia menambahkan, pengembangan UMKM juga perlu mendapat dukungan bersama. Peningkatan yang perlu dilakukan meliputi aspek kualitas produk, modal, desain kemasan, dan pasar.

(Baca Juga: DPR Minta Pemerintah Percepat Salurkan Bantuan UMKM)"Pemerintah dengan dukungan pihak-pihak terkait berkomitmen membantu menyediakan dan memperluas pasar produk UMKM dengan memberikan kemudahan pembiayaan dan pemasaran bagi UMKM," tandasnya.
(fai)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top