Mitra QRIS Naik Signifikan Capai 5 Juta, Terbanyak Usaha Mikro

Kamis, 22 Oktober 2020 - 06:26 WIB
loading...
Mitra QRIS Naik Signifikan Capai 5 Juta, Terbanyak Usaha Mikro
Dengan QRIS, masyarakat tidak perlu menggunakan uang tunai sehingga mengurangi risiko penularan Covid-19. Foto/Dok SINDOphoto/Hasiholan Siahaan
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut, hingga 16 Oktober 2020 tercatat ada 5 juta pelaku usaha yang menjadi mitra QR Code Indonesian Standard (QRIS). Sebanyak 4,2 juta adalah Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

"Secara keseluruhan data terakhir per 16 Oktober 2020 menunjukan, sudah ada lebih dari 5 juta sektor UMKM yang tersambung menjadi merchant. Di mana dari 5 juta ini, sebanyak 4,2 juta itu usaha mikro atau Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) atau usaha kecil. Alhamdulilah, sudah tersambung dengan QR Indonesia Standard," ujar Perry dalam Webinar, Jakarta, Rabu (21/10/2020).

( )

Jumlah usaha mikro tersebut sebelumnya belum terjamah oleh sistem pembayaran berbasis digital. Namun, langkah transformasi tersebut terus digenjot pemerintah.

Dengan begitu, jumlah mitra QRIS hingga Oktober yang naik signifikan menjadi bukti adanya upaya transformasi digital yang dilakukan pemerintah.

Perry mengutarakan, sistem transformasi pembayaran akan terus dilakukan BI. Di mana, pihaknya akan memanfaatkan platform digital yang ada saat ini untuk mendorong penggunaan open banking, QRIS, data analytic, hingga payment id.

"Kami bangun data untuk sistem pembayaran dengan berbagai platform yang ada, open banking, QR Indonesia Standard, kami bangun hubungan data analytic kemudian payment id," ujar dia.

( )

Langkah BI dalam mendukung digitalisasi merupakan bagian dari digitalisasi ekonomi keuangan dan digitalisasi sistem pembayaran end to end process dalam negeri.

"Kami susun peta jalan, rencana induk BI 2025. Memang visi kami menuju BI 4.0 pada 2025, kami bangun untuk informasinya, untuk aplikasinya, implementasi dengan platform digital," tuturnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)