Pelaku UMKM Wajib Merangkul Teknologi Agar Tidak Lenyap Ditelan Resesi

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 19:44 WIB
loading...
Pelaku UMKM Wajib Merangkul Teknologi Agar Tidak Lenyap Ditelan Resesi
Pengusaha UMKM yang sebelumnya masih belum memanfaatkan teknologi secara maksimal, memang seharusnya sudah mulai beradaptasi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Indonesia sudah hampir dipastikan masuk dalam jurang resesi ekonomi setelah PDB kuartal III tahun 2020 diproyeksi minus 2,9%. Meski begitu, resesi ekonomi tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan, namun perlu disikapi dengan cermat. Salah satunya oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM yang sudah terkena dampaknya sejak pandemi COVID-19 terjadi.

Penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat pelaku usaha yang selama ini mengandalkan kegiatan offline mengalami penurunan omzet. Beberapa di antaranya bahkan terpaksa menurunkan produksi atau mengurangi jumlah karyawan.

(Baca Juga: Lapak Offline Berdarah-darah, UMKM Kudu Bisa Jualan Online )

Menurut Agus E. Setiyono, CEO dari Ngorder keadaan ini seharusnya menjadi momentum bagi para pelaku UMKM untuk adaptif terhadap teknologi . “Pengusaha UMKM yang sebelumnya masih belum memanfaatkan teknologi secara maksimal, memang seharusnya sudah mulai beradaptasi,” ujarnya.

Lebih lanjut Agus mengungkapkan, ada banyak sarana yang bisa dimanfaatkan UMKM untuk memasarkan produk di internet. "Sekarang sudah banyak platformnya, orang bahkan bisa menjual apa saja di media sosial. Kuncinya, punya motivasi untuk terus mencoba," katanya.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan pelaku UMKM untuk memaksimalkan penggunaan teknologi di era resesi ekonomi.

Memaksimalkan Penjualan dari Ecommerce

Pada saat di mana pembatasan sosial belum diketahui sampai kapan berakhirnya, menjual produk secara online menjadi alternatif yang diperlukan. Pelaku usaha yang sebelumnya masih fokus pada pasar offline, harus mulai belajar untuk menjual produk secara online. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, penjualan online di Indonesia naik hingga 480% pada April 2020 ini.

(Baca Juga: UKM Outlook 2021 )

Data tersebut mengindikasikan permintaan pembelian produk di ranah digital yang semakin meningkat. Platform ecommerce menjadi pilihan yang cocok bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya, terutama untuk mereka yang belum memiliki modal besar membuat toko online sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2972 seconds (0.1#10.140)