Banyak Bank Cere Gagal, LPS Sebut Situasi Belum Membahayakan

Selasa, 27 Oktober 2020 - 19:04 WIB
loading...
Banyak Bank Cere Gagal, LPS Sebut Situasi Belum Membahayakan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyebut ada beberapa bank gagal yang ditanganinya. Meskipun begitu, kegagalan ini masih belum tahap yang membahayakan stabilitas keuangan . ( Baca juga:Apakah Saldo Uang Elektronik Bisa Dijamin LPS? Simak Penjelasannya )

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudi Sadewa mengatakan, hingga saat ini bank yang gagal masih dalam tahap aman, yakni 6-7 saja. Lagi pula menurutnya, bank-bank tersebut merupakan bank kecil dan bank perkreditan rakyat (BPR) .

Meskipun masih pada level aman, lanjut Purbaya, pihaknya akan terus mewaspadai risiko perbankan gagal. Pihaknya juga akan mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu ada bank gagal lagi.

"Ini belum pada level yang membahayakan karena setiap tahun kami menerima 6-7 bank BPR yang harus kami tangani. Jadi dari situ walaupun ada yang gagal tapi ini masih dalam batas normal," ujarnya dalam Konferensi Pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) secara virtual, Selasa (27/10/2020).

Purbaya menambahkan, saat ini tren atau kondisi sistem finansial masih belum berubah dari tahun lalu. Memang ada beberapa risiko, namun sifatnya masih belum membahayakan.

Misalnya saja dari sisi dana pihak ketiga (DPK) di perbankan yang sudah mulai membaik. Tak terkecuali juga pada bank-bank kecil yang memiliki modal inti kurang dari Rp1 triliun. ( Baca juga:Inilah Transformasi Honda Odyssey Selama 25 Tahun )

"Boleh saya tekankan di sini, trenya belum berubah dari tahun lalu. Jadi tekanan di sistem finansial meningkat tapi belum ke level yang terlalu membahayakan atau tidak dapat dikendalikan," kata Purbaya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)