Survei: 78,7% Masyarakat Makin Sadar Pentingnya Asuransi

loading...
Survei: 78,7% Masyarakat Makin Sadar Pentingnya Asuransi
Managing Partner Inventure Yuswohady mengatakan, pandemi Covid-19 telah membuat masyarakat lebih sadar akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan dan jiwa. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Hasil survei yang dilakukan Inventure pada Agustus-September terhadap 1.121 responden yang tersebar di seluruh Indonesia menunjukkan bahwa sebanyak 78,7% dari 629 responden berpendapat bahwa memilikiasuransi jiwa dan kesehatan menjadi hal yang dianggap penting.

(Baca Juga: AAJI Upayakan Genjot Edukasi dan Literasi Sejak Tingkat PAUD)

Managing Partner Inventure Yuswohady mengatakan, pandemi Covid-19 telah membuat masyarakat lebih sadar akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan dan jiwa. Krisis kesehatan dan ekonomi yang disebabkan oleh virus Corona semakin menyadarkan masyarakat pentingnya memiliki asuransi kesehatan.

"Musibah pandemi menjadi blessing in disguise bagi kalangan industri asuransi karena justru membangun urgensi masyarakat untuk menggunakan jasa asuransi untuk melindungi diri dan keluarga," ujarnya dalam webinar Indonesia Industry Outlook (IIO) 2021, Selasa (27/10/2020).



Menurut dia, tren ini memberikan kesempatan bagi industri asuransi untuk memanfaatkan momentum dengan mengedukasi masyarakat sebanyak-banyaknya tentang pentingnya berinvestasi dalam hal proteksi diri yaitu asuransi. Hal ini mengingat risiko hidup dan kesehatan yang tinggi menciptakan kebutuhan akan proteksi asuransi, khususnya jiwa dan kesehatan yang lebih besar.

(Baca Juga: Pandemi Covid-19 Bikin Kesadaran Masyarakat Berasuransi Meningkat)

Yuswohady menuturkan, tingkat kesadaran berasuransi di Indonesia selama ini berlangsung lambat. Hal ini karena asuransi masih dianggap sebagai kebutuhan masa depan yang tidak mendesak.



Selain itu, kebanyakan masyarakat menganggap asuransi sebagai biaya, bukan investasi masa depan. "Ini momentum bagi asuransi kesehatan untuk mengedukasi konsumen," tandasnya.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top