Menkeu Akui Pengadaan Vaksin Covid Tergantung Uji Klinis WHO

Rabu, 28 Oktober 2020 - 09:27 WIB
loading...
Menkeu Akui Pengadaan Vaksin Covid Tergantung Uji Klinis WHO
Menkeu Sri Mulyani. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus mempercepat pengadaan vaksin Covid-19. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan Presiden Joko Widodo meminta supaya pelaksanaan pengadaan vaksin dilakukan dengan tetap memperhatikan keamanan dan efektif.

"Kalau aman itu, vaksin harus sudah ikuti tahap uji klinis yang benar. Ini penting untuk memberi keyakinan ke masyarakat," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa (27/10/2020).

( )

Menurut dia, vaksin Covid-19 ini berdasarkan kajian ilmiah dan data berdasarkan pada standar kesehatan yang diadopsi internasional. Oleh karena itu, pelaksanaan pengadaan vaksin sangat tergantung pada progress uji klinis yang dilakukan.

Artinya, jika uji klinis Vaksin Covid-19 sudah benar akan segera didistribusikan. "Ini juga termasuk apakah mereka telah melewati standar keamanan yang sudah ditetapkan secara internasional oleh WHO," bebernya.



Dia menekankan, Indonesia tidak menggunakan standar berbeda dan tetap menggunakan standar Internasional dalam pengujian vaksin Covid-19.

"Ini untuk memberi keyakinan bahwa kita tidak percepat atau melakukan sendiri mekanisme dan standar yang kemudian akan menimbulkan persepsi dari keamanan vaksin tersebut," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)